• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Jumat, 20 September 2024 : WIB

bimbingan-teknis-metodologi-penelitian-bagi-perawat

8 Nov 2022

BIMBINGAN TEKNIS METODOLOGI PENELITIAN BAGI PERAWAT

Pada tanggal 8 sampai 10 November 2022 RSD dr. Soebandi menyelenggarakan Pelatihan Metode Penelitian Keperawatan. Acara yang diadakan di Aula Masjid Darusy Syifa' tersebut menghadirkan7 orang fasilitator, yaitu:

Achmad Sigit Sugiharto, S.Kep. Ns., M.Kep.

Mohammad Shodikin, S.Kep. Ns., M.Kep., Sp.Kep.MB

Dr. Nikmaturohmah, S.Kep. Ns., M.Kes (Dosen FIKES UMJ).

Rondhianto, S.Kep., Ns., M.Kep. (Dosen Fkp. UNEJ).

Luh Titi Handayani, S.Kep. Ns., M.Kes (Dosen FIKES UMJ).

Lulut Sasmito, S.Kep. Ns., M.Kes (Dosen UDS).

I Nyoman Semita, dr. Sp.OT., Tulang Belakang (K).

Jumanto, S.Kep., Ns., M.Kes., Sp.Kep.MB

Penelitian ini belum menjadi budaya dalam lingkup profesi yang ditingkatkan karena banyak hal yang bisa dilakukan pada pelayanan sehingga melupakan peran penting perkembanan ilmu yang ditingkatkan melalui penelitian. Selain itu juga berdasarkan pengetahuan rendahnya profesi tentang metodologi penelitian dibidang kesehatan terutama Keperawatan. Kepekaan terhadap masalah yang ada pada suatu bidang ilmu pengetahuan, seperti telah diuraikan di atas. memungkinkan seseorang untuk menemukan pemecahannya. Selanjutnya usaha menemukan pemecahan masalah yang ilmiah, sistematis, dan logis ini adalah dengan menggunakan metode penelitian.

Berdasar kajian tersebut maka RSD dr. Soebandi Jember tergerak untuk berperan serta aktif menjadikan penelitian sebagai budaya untuk kemajuan, salah satunya dengan menyelenggarakan Pelatihan Metodologi Penelitian Bidang Kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan bagi para pemula yang belum berpengalaman dalam menulis artikel ilmiah, mengembangkan pengetahuan dan meningkatkan kualitas penulisan artikel ilmiah, menjalin hubungan yang erat antara para peneliti di masing-masing rumpun bidang penelitian, serta mendorong dan meningkatkan jumlah publikasi hasil riset para peneliti.