• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Kamis, 19 September 2024 : WIB

dewan-pengawas-rumah-sakit-daerah-kabupaten-jember-melakukan-evaluasi-kinerja-blud-ta-2023-dan-program-kegiatan-ta-2024-rsd-dr-soebandi-jember

8 Mei 2024

DEWAN PENGAWAS RUMAH SAKIT DAERAH KABUPATEN JEMBER MELAKUKAN EVALUASI KINERJA BLUD TA 2023 DAN PROGRAM KEGIATAN TA 2024 RSD dr. SOEBANDI JEMBER

Demi untuk meningkatkan kualitas dan mutu pelayanan kesehatan serta menjamin keselamatan pasien di RSD dr. Soebandi Jember, pada hari Selasa tanggal 6 Februari 2024 jam 10.00 WIB dilaksanakan evaluasi kinerja tahun 2023 dan program kegiatan tahun 2024 RSD dr. Soebandi oleh Dewan Pengawas Rumah Sakit Daerah Kabupaten Jember. Pengawasan rumah sakit ini dilakukan sejalan dengan amanah Undang-Undang Nomor 44/2009 tentang Rumah Sakit, khususnya pasal 56 yang telah ditindaklanjuti dengan Peraturan Menteri Kesehatan nomor 10 tahun 2014 tentang Dewan Pengawas Rumah Sakit. Dewan Pengawas BLUD Rumah Sakit Daerah Kabupaten Jember yang terdiri dari dr. Hendro Soelistijono, MM.Kes yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jember, Prof. DR. Yuli Witono, S.TP, M.P dari Akademisi Universitas Jember, dan Bapak Agus Sucahyo, S.Sos yang merupakan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Jember melakukan pertemuan dengan Jajaran Manajemen, 11 (sebelas) Ketua Komite dan Ketua SPI RSD dr. Soebandi di ruangan Loby Direksi RSD dr. Soebandi untuk melakukan evaluasi kinerja tahun 2023 dan program tahun 2024 yang telah disusun oleh RSD dr. Soebandi Jember.

Direktur RSD dr. Soebandi Jember dr. Lilik Lailiyah, M.Kes menyampaikan rasa terimakasih atas kehadiran tim Dewan Pengawas dan berharap saran untuk perbaikan mutu layanan di masa yang akan datang. Dalam kesempatan ini beliau menyampaikan Kinerja BLUD Tahun Anggaran 2023 dan Program Kegiatan Tahun Anggaran 2024, serta memaparkan rencana pengembangan pelayanan RSD dr. Soebandi tahun 2024 sesuai dengan 10 pelayanan prioritas Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, diantaranya Layanan Kardiovaskuler, Layanan Kanker, Layanan Stroke, Layanan Maternal Neonatal, Layanan Uronefro, Layanan Tuberkulosis, Layanan Pie, Layanan Diabetes Melitus, Layanan Gastrohepato, Layanan Kesehatan Jiwa.

RSD dr. Soebandi sebagai rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten Jember mempunyai tanggung jawab dalam meningkatkan pembangunan kesehatan di Kabupaten Jember. Terlebih lagi di era digitalisasi saat ini, RSD dr Soebandi telah mengembangkan pelayanan Rekam Medik Elektronik, pelayanan kesehatan yang terinteregrasi dengan Jember Satu Data, Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Pendaftaran Online, pembangunan lanjutan gedung rawat jalan 4 (empat) lantai, pengembangan pelayanan dengan Proctorship Bedah Anak, Jantung Terpadu, Radiologi Intervensi, Urologi dan Obstetri Ginekologi serta pelayanan Hotline Stroke Code.

Selain itu, Direktur RSD dr. Soebandi juga memiliki 12 (dua belas) Program Inovasi di tahun 2024 yang siap disinergikan serta dikolaborasikan dengan organisasi perangkat daerah lain, yaitu: (1) J-EKSIS yaitu Jember Deteksi Dini Skoliosis terhadap para remaja untuk mencegah kejadian skoliosis, (2) J-CHAT PENTING yaitu Jember Cegah Amankan Kecacatan Permanen Pada Stunting dalam mengakselerasi penurunan stunting di Kabupaten Jember, (3) J-ADEK JANTAN yaitu Jember Antisipasi dan Deteksi Dini Kelainan Jantung Pada Anak, (4) J-CAKEP yaitu Jember Cegah Amankan Kegawatan Medis Penduduk untuk melatih masyarakat agar mampu memberikan bantuan hidup dasar saat terjadi kondisi kegawatdaruratan, (5) J -KOMANDAN yaitu Jember Kontrasepsi Mantap dan Aman untuk memberikan kontrasepsi aman secara gratis kepada masyarakat, (6) J-TERAK yaitu Jember Tindakan Eliminasi Katarak untuk memberikan operasi katarak dan bantuan kacamata kepada masyarakat , (7) J-NGEPODS yaitu Jember NgePodCast untuk memberikan pendidikan kesehatan kepada masyarakat secara online dan gratis, (8) J-PELAK yaitu Jember Pendampingan Eliminasi Laju Angka Kematian untuk menurunkan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi di Kabupaten Jember, (9) J-KEPO TB yaitu Jember Konsultasi Edukasi Pemberian Makanan Tambahan dan Obat Tuberkulosis, (10) J -GEMES yaitu Jember Geriatri Menjadi Sehat, (11) J-BERI BANTUAN yaitu Jember Resik Soebandi Tidak Kumuh dan Nyaman dan (12) J-PASTI KUEREEN yaitu jember Pelayanan Kesehatan Gratis Bagi Penduduk Jember Yang Efektif dan Efisienyang merupakan pelayanan kesehatan gratis bagi penduduk Kabupaten Jember sesuai peraturan dan ketentuan yang berlaku. Semua program inovasi tersebut akan dikolaborasikan bersama Organisasi Perangkat Daerah lainnya, yaitu Dinas Kesehatan, Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan Tingkat Lanjut (FKTL), DP3AKB, BKKBN, Dinas Pendidikan, Tim Stunting Kabupaten Jember, Tim Penggerak PKK Kabupaten Jember, Persatuan Dokter Mata Indonesia, Dispendukcapil, Dinas Sosial, Yayasan Kanker Indonesia, Satpol PP, dan Institusi Pendidikan Kesehatan sehingga akan membuahkan hasil yang maksimal. Semua itu merupakan wujud nyata RSD dr Soebandi dalam memberikan pelayanan kesehatan secara paripurna kepada masyarakat, serta siap bersinergi dan berkolaborasi bersama perangkat daerah lainnya untuk mencapai percepatan pembangunan kesehatan di Kabupaten Jember.

Dewan pengawas memberikan beberapa masukanterutama berkaitan dengan fleksibilitas BLUD dalam pengelolaan keuangan dan kepegawaian serta peningkatan mutu pelayanan kesehatan. Sehingga evaluasi dari Dewan Pengawas merupakan hal yang penting demi mewujudkan visi rumah sakit untuk menjadi rumah sakit rujukan nasional yang menjamin mutu dan keselamatan pasien, dengan mengusung motto RSD dr. Soebandi untuk mewujudkan pelayanan yang cepat, tepat, bermutu dan manusiawi, sehingga diharapkan dapat memberikan layanan kesehatan yang lebih baik bagi masyarakat Jember dan sekitarnya. Mengingat RSD dr. Soebandi merupakan rumah sakit rujukan di Provinsi Jawa Timur bagian timur yang ditunjuk sebagai pusat rujukan bagi Kabupaten Jember, Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso, Lumajang, dan Probolinggo.