• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Jumat, 18 Oktober 2024 : WIB

inovasi-rsd-dr-soebandi-j-ngepods-operasi-ramah-anak-minimal-nyeri-sebagai-sarana-edukasi-bagi-nakes-masyarakatsaat-ini-lebih-aman-nyaman

10 Mei 2024

INOVASI RSD dr. SOEBANDI J-NGEPODS “OPERASI RAMAH ANAK & MINIMAL NYERI” SEBAGAI SARANA EDUKASI BAGI NAKES & MASYARAKAT,SAAT INI LEBIH AMAN& NYAMAN

     Prosedur pembedahan menjadi hal yang paling menakutkan bagi pasien, terlebih bagi pasien anak. Kecemasan yang dialami anak selama masa perawatan dapat menimbulkan dampak diantaranya proses penyembuhan anak dapat terhambat, menurunnya semangat untuk sembuh dan tidak kooperatifnya anak terhadap tindakan perawatan yang tentunya membuat terapi menjadi tidak maksimal. Selain itu untuk jangka panjang dapat menimbulkan trauma pada diri anak.

   Hal inilah yang melatarbelakangi RSD dr. Soebandi untuk menyelenggarakan kegiatan podcast zoom J-NGEPODS (Jember Ngepodcast) Bersama Soebandi Beken Jember Keren pada hari Jumat, 5 April 2024 dengan judul Operasi Ramah Anak dan Minimal Nyeri RSD dr. Soebandi sebagai sarana edukasi bagi nakes & masyarakat secara luas.

     Kegiatan J-NGEPODS kali ini adalah podcast ke 9 yang telah diselenggarakan oleh RSD dr. Soebandi pada tahun 2024. J-NGEPODS adalah upaya RSD dr. Soebandi untuk memberikan pelayanan prehospital mengenai prosedur pembedahan pada anak dengan minimal nyeri melalui pemberian informasi yang cerdas dan akurat dari para ahli.

    Narasumber yang memberikan materi kali ini adalah dr. Supangat, M.Kes, Ph.D, Sp. BA selaku Dokter Spesialis Bedah Anak dan dr. Taufiq Gemawan, M.Ked.Klin, Sp.An. selaku Dokter Spesialis Anestesi RSD dr. Soebandi. Podcast kali ini dipandu oleh host Nabil Athoillah, S.Ked yang merupakan Dokter Muda RSD dr. Soebandi.

    Podcast diawali dengan sambutan dari dr. Lilik Lailiyah, M.Kes selaku Plt. Direktur RSD dr. Soebandi sekaligus membuka acara. Beliau mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam kegiatan podcast serta mengajak pemirsa untuk menyimak penjelasan dari pemateri hingga akhir acara agar mendapatkan informasi yang tuntas terkait pelayanan operasi dengan minimal nyeri yang tentunya ramah anak. Angka kematian bayi dan kejadian stunting masih tinggi, hal ini berkaitan dengan banyak faktor salah satunya adalah penyakit yang memerlukan tindakan operasi. Operasi selama ini menjadi momok bagi orang tua dengan anak yang harus menjalani prosedur operasi. Harapannya podcast ini dapat menepis ketakutan berlebih di kalangan masyarakat.

    Prosedur pembedahan tentunya menimbulkan rasa nyeri, oleh karena itu perlu dilakukan pembiusan/ anestesi untuk mengontrol rasa nyeri selama operasi berlangsung. Tindakan anestesi dalan prosedur operasi harus dilakukan secara komprehensif untuk meningkatkan kualitas hidup pasien.

   Dukungan dari orang tua dan lingkungan sekitar juga tak kalah penting. Orang tua juga diharapkan aktif bertanya kepada dokter sebelum dilaksanakan tindakan operasi agar mengetahui prosedur dan dampaknya. Sakit adalah musuh bersama, nyeri merupakan pengalaman sensorik dan emosional yang harus diatasi bersama. Dengan adanya support dari orang-orang terdekat diharapkan kondisi psikologis anak dapat menjadi lebih tenang. Selain itu perlu menciptakan kondisi yang menyenangkan pasca operasi elektif misalnya dengan memberikan makanan dan minuman kesukaan anak, seperti permen atau eskrim yang dapat memberikan hiburan bagi anak, kecuali untuk kasus emergensi.

    Semoga podcast kali ini dapat menambah ilmu bagi tenaga kesehatan dan masyarakat secara luas dan dapat mengubah stigma bahwa Rumah Sakit adalah tempat yang menakutkan, karena RSD dr. Soebandi telah memberikan manajemen nyeri yang baik untuk pasien anak. Wayahe RSD dr. Soebandi APIK (Amazing, Perfect, Interest, Kinetic), Jember beken Soebandi Keren.