• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Jumat, 18 Oktober 2024 : WIB

institut-pelatihan-unggul-rsd-dr-soebandi-mengadakan-pelatihan-advance-cardiac-life-support-yang-bersertifikat-kemenkes-untuk-perawat-secara-luring

27 Sep 2024

INSTITUT PELATIHAN UNGGUL RSD dr. SOEBANDI MENGADAKAN PELATIHAN ADVANCE CARDIAC LIFE SUPPORT YANG BERSERTIFIKAT KEMENKES UNTUK PERAWAT SECARA LURING

     Henti jantung (Cardiac Arrest) merupakan kondisi kegawatdaruratan yang sering ditemukan dalam praktek klinik di bidang jantung dan pembuluh darah. Setiap tahun terdapat kurang lebih 295.000 kasus Cardiac Arrest yang ditangani baik di Rumah Sakit maupun di luar Rumah Sakit. RSD dr. Soebandi sebagai Rumah Sakit pendidikan milik Pemerintah Kabupaten Jember saat ini telah resmi menjadi Institut Pelatihan Unggul RSD dr. Soebandi, merupakan lembaga penyelenggara pelatihan bagi tenaga kesehatan dan telah terakreditasi sebagai penyelengara pelatihan dengan nilai A, berupaya untuk senantiasa mengembangkan kompetensi tenaga kesehatan tidak hanya yang berada di lingkup RSD dr. Soebandi tetapi juga tenaga kesehatan di Fasilitas Kesehatan lainnya. Sehubungan dengan hal tersebut, RSD dr. Soebandi menyelenggarakan pelatihan Advanced Cardiac Life Support (ACLS) bagi perawat di Faskes, yang tersertifikasi oleh Kementerian Kesehatan RI dengan sertifikat 15 SKP. Kegiatan pelatihan dilakukan dengan metode hybrid, selama 6 hari dengan metode hybrid yaitu 4 hari daring dan 2 hari luring pada tanggal 23 - 28 September 2024.

     Pada hari ini, Jumat 27 September 2024 bertempat di ruang Aula Darusy Syifa pelatihan ACLS dilaksanakan dengan metode luring. Kegiatan pelatihan ACLS dibuka oleh dr. Lilik Lailiyah, M.Kes selaku Plt. Direktur RSD dr. Soebandi didampingi Wakil Direktur SDM dan Diklit dr. Wiwik Supartiwi, M.Kes, Wakil Direktur Pelayanan dan Keperawatan dr. Anna Widyassari, M.Kes, Wakil Direktur Umum dan Keuangan Sri Rahayu Wilujeng, SE, M.M, Kepala Bidang Diklit Ns. Mustakim, M.Kep, Sp.KMB, dan narasumber ACLS. dr. Lilik Lailiyah, M.Kes memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan. Beliau menghimbau agar peserta menyimak dan mengikuti materi hingga akhir sesi agar mendapatkan ilmu pengetahuan, skill/ keterampilan yang dapat diimplementasikan dalam menjalankan tugas pelayanan sehari hari dalam memberikan pelayanan yang bermutu bagi masyarakat.

     Pelatihan kali ini diikuti oleh 25 orang perawat yang terdiri dari 22 orang perawat dari RSD Balung, 2 orang dari RS Utama Husada Ambulu, dan 1 orang peserta mandiri. Adapun narasumber yang memberikan materi adalah tim instruktur dan fasilitator dari RSD dr. Soebandi yang telah mempunyai Sertifikat Pengajar /TPK dari KEMENKES RI adalah sebagai berikut: dr. Wiwik Supartiwi, M.Kes; Ns. Mustakim, Sp.KMB ; dr. M. Afiful Jauhani, Sp. F., M.H; dr. Dwi Ariyanti, Sp.JP.FIHA ; Ns. Wasit Teguh Praptono, S.Kep ; Ns. Agus Setyo Wahyudi, SST; Ns. Edy Suyanto, S.Kep; Ns. Erna Nurhayati, S.Kep; Ns. Farid Lutfi Madhoni, S.Kep; Ns. Jumanto, Sp.KMB; dan Ns. Noer Choliq, S.Kep. Dalam kegiatan pelatihan secara luring selama 2 hari ini peserta akan mendapatkan materi sekaligus praktek di ruang skill lab.

     Semoga pelatihan ini memberikan manfaat bagi peserta dalam memberikan pelayanan yg lebih baik kepada masyarakat, dan pelatihan Institut Pelatihan Unggul RSD dr. Soebandi dapat semakin berkembang.