• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Jumat, 20 September 2024 : WIB

kementerian-kesehatan-ri-melaksanakan-visitasi-perizinan-pelayanan-hemodialisa-di-rsd-dr-soebandi

20 Sep 2023

KEMENTERIAN KESEHATAN RI MELAKSANAKAN VISITASI PERIZINAN PELAYANAN HEMODIALISA DI RSD dr. SOEBANDI

Pada hari Rabu, 20 September 2023 Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bersama Tim melaksanakan visitasi izin penyelenggaraan pelayanan Dialisis di RSD dr. Soebandi Jember via zoom meeting. Izin pelayanan Dialisis yg sebelumnya dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten, berdasarkan kebijakan terbaru,bahwa perijinan pelayanan Dialisis melalui OSS ( Online Single Submission).Proses Visitasi dimulai pukul 13.00 sampai dengan 16.00 WIB dengan diawali acara seremonial bertempat di loby Direksi lt 3 RSD dr Soebandi Jember, Direktur RSD dr Soebandi dr Lilik Lailiyah, M.Kes. yg didampingi oleh wadir yanjangmedkep dr Anna Widyassari,MARS. dan DPJP dr. Yuli Hermansyah Sp.PD serta pejabat struktural dan fungsional memberikan sambutan sekaligus paparan singkat tentang RSD dr. Soebandi. Acara dilanjutkan dengan paparan ttg pelayanan Hemodialisis oleh DPJP dan dilanjutkan telusur diantaranya kelengkapan dokumen, ketersediaan sarpras dan SDM, alur kedatangan pasien serta melihat tempat2 inst. pendukung diantaranya IPAL, Incenerator.

Instalasi Dialisis RSD dr Soebandi memberikan pelayanan :

1. Hemodialisis

a. Reguler Dialisis

b. Cito Dialisis

c. Travelling Dialiasis

2. CAPD ( Contnous Ambulatory Peritonial Dialisis), berdiri sejak th 1997 dg menyediakan 2 unit mesin dengan 4 tenaga perawat yg sdh terlatih Dialisis. Saat ini jumlah mesin 19 unit yg terdiri dari 2 unit untuk pelayanan reguler kasus Hepatitis B, C dan HIV, 1 unit untuk pelayanan reguler kasus isolasi Airbond dan 16 unit untuk pasien reguler GGK biasa dengan didukung 19 tenaga perawat 11 perawat terlatih mahir Dialisis, 2 perawat sedang mengikuti pelatihan Dialisis dan 6 perawat sedang menunggu jadwal pelatihan di RSUD dr. Saiful Anwar Malang dan RSUD dr Soetomo Surabaya. Dengan terus meningkatnya pasien GGK(Gagal Ginjal Kronik) di Kabupten Jember khususnya dan sebagai rumah sakit rujukan Jatim wilayah timur RSD dr Soebandi merasa perlu terus mengembangkan diri salah satunya pengembangan pelayanan Dialisis, oleh karenanya dalam waktu dekat sesuai hasil presentasi di Pernefri korwil Jatim Inst.Dialisis RSD dr Soebandi dapat mengembangkan penambahan pelayanan dari 19 unit menjadi 28 unit termasuk 1 unit utk pelayanan pasien di ruang ICU agar pasien ICU yang terpasang alat ventilator pada saat membutuhkan tindakan Dialisis tdk perlu dipindahkan ke ruang Dialisis bersama alat ventilatornya.

Hasil kegiatan visitasi diharapkan pelayanan Hemodialisis RSD dr Soebandi dapat menjaga dan selalu meningkatkan mutu dan keselamatan dalam proses pelayanan Hemodialisis. Setelah dinyatakan lulus dan memenuhi standar, pihak OSS akan melakukan evaluasi secara rutin sesuai jadwal dan sistem yg ditetapkan. Termasuk yg menjadi evaluasi bahwa setelah dinyatakan lulus melalui perijinan OSS rumah sakit berkewajiban menyediakan pelayanan CAPD sebesar 10 % dari jumlah pelayanan reguler. Persiapan pelayanan CAPD secara fisik sudah mencapai 90%, tinggal menunggu pemenuhan beberapa kelengkapan administrasi.

Kami menyampaikan terimakasih atas support semua pihak termasuk Pemerintah Kab Jember atas terselenggaranya visitasi izin penyelenggaraan pelayanan Dialisis di RSD dr. Soebandi Jember.

Sayangi ginjal kita dengan cara hidup sehat dan rutin kontrol atas penyakit yang sudah ada. Sehat adalah rizki yg utama.