• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Jumat, 20 September 2024 : WIB

launching-loket-pelayanan-informasi-bpjs-kesehatan-di-rsd-dr-soebandi

29 Sep 2023

LAUNCHING LOKET PELAYANAN INFORMASI BPJS KESEHATAN DI RSD dr. SOEBANDI

Pada hari Jumat, 29 September 2023 RSD dr. Soebandi ditunjuk oleh BPJS Kesehatan menjadi Rumah Sakit yang mewakili Kabupaten Jember untuk launching Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan. Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan resmi memperkenalkan inovasi terbaru melalui launching Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan dan Portal Quick Response (POROS). Kedua inovasi tersebut dirancang untuk memaksimalkan pemberian informasi dan menangani pengaduan peserta di rumah sakit.

Launching dilakukan serentak di seluruh Indonesia. Perwakilan BPJS Cabang Jember yang hadir di Ruangan Loby Direksi RSD dr. Soebandi salah satunya adalah Kepala Bagian Mutu Layanan Fasilitas Kesehatan, yaitu Bapak Anang Rakhman Riyadi yang menyampaikan sambutan dari Direktur Utama BPJS Kesehatan Republik Indonesia bahwa kegiatan inovasi ini dapat terselenggara dengan adanya kerjasama dan kolaborasi yang baik dari berbagai pihak dengan tujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat, khususnya peserta JKN dalam mengakses pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan dengan pelayanan yang mudah, cepat, tepat, dan setara melalui loket informasi BPJS Kesehatan dan Portal Quick Response (POROS). Dalam kegiatan ini juga hadir perwakilan dari Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI), dr. Gini Wusyandari.

Keberadaan loket pelayanan informasi di RSD dr. Soebandi ini ditandai dengan adanya papan petunjuk Loket Pelayanan Informasi BPJS yang berada di dekat loket pendaftaran Rawat Jalan. Lokasi loket pelayanan informasi ini telah diprioritaskan berada pada area di rumah sakit yang mudah terlihat dan diakses oleh pasien peserta BPJS.

Salah satu wujud nyata dari upaya transformasi mutu layanan BPJS Kesehatan adalah dengan penyediaan Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan di seluruh rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Petugas rumah sakit yang ditunjuk akan bertugas memberikan informasi dan menangani pengaduan peserta JKN terkait pelayanan. Selanjutnya, petugas akan mencatat pada aplikasi Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan (SIPP).

Petugas rumah sakit juga dapat bekerja sama dengan Petugas BPJS SATU! atau BPJS Siap Membantu, baik dalam bentuk pelayanan onsite maupun mobile. Hal ini dilakukan demi memastikan peserta menerima pelayanan yang terbaik. Waktu pelayanan di loket ini disesuaikan dengan jam pelayanan rawat jalan di RSD dr. Soebandi.

Selanjutnya Wadir Umum dan Keuangan RSD dr. Soebandi, Ibu Sri Rahayu Wilujeng, SE, MM selaku perwakilan dari RSD dr. Soebandi menyambut baik kehadiran tim BPJS Kesehatan Cabang Jember. Beliau menyampaikan bahwa RSD dr. Soebandi sebagai Rumah Sakit rujukan regional wilayah Jawa Timur bagian timur yang meliputi 7 Kabupaten/ Kota meliputi Jember, Bondowoso, Banyuwangi, Situbondo, Lumajang, Kota Probolinggo, dan Kabupaten Probolinggo memiliki tanggung jawab yang besar dalam mensukseskan pembangunan di bidang kesehatan. Berbagai upaya untuk meningkatkan mutu pelayanan pada RSD dr Soebandi antara lain peningkatan sarana dan prasarana , peningkatan kualitas dan kuantitas SDM dan peningkatan2 pendukung lainnya sesuai kebutuhan dan perkembangan regulasi yang ada. Disamping itu juga melakukan peningkatan koordinasi dan kolaborasi dengan pihak-pihak atau lembaga terkait utamanya dengan lembaga yang telah melakukan perikatan kerjasama. BPJS Kesehatan sebagai salah satu mitra RSD dr Soebandi yang telah bekerjasama dengan baik perlu lebih meningkatkan sinergi kolaborasi dan akselerasi mengingat kunjungan pasien di RSD dr Soebandi mayoritas pasien peserta BPJS Kesehatan. Hal yang terpenting lagi adalah pemberian pelayanan informasi pelayanan kesehatan yang mudah diakses masyarakat, pasien atau keluarga pasien. Agar pelayanan informasi BPJS kesehatan cepat dan tepat perlu penempatan petugas yang kompeten, untuk meminimalisir keluhan masyarakat terkait pelayanan informasi diharapkan dijadwalkan ada penempatan petugas pendamping dari BPJS Kesehatan.

Semoga dengan hadirnya Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan dapat membantu pasien peserta BPJS Kesehatan yang berobat di RSD dr. Soebandi serta memberi manfaat yang lebih besar bagi masyarakat.