• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Jumat, 20 September 2024 : WIB

lembaga-akreditasi-rumah-sakit-melaksanakan-survey-akreditasi-di-rsd-dr-soebandi-demi-menjamin-mutu-dan-keselamatan-pasien

23 Sep 2022

LEMBAGA AKREDITASI RUMAH SAKIT MELAKSANAKAN SURVEY AKREDITASI DI RSD dr. SOEBANDI DEMI MENJAMIN MUTU DAN KESELAMATAN PASIEN

Pada hari Jumat dan Sabtu tanggal 23-24 September 2022, diselenggarakan survey akreditasi rumah sakit di RSD dr. Soebandi Jember yang dilakukan oleh Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Damar Husada Paripurna, Jakarta. Proses survey akreditasi kali ini dilaksanakan oleh Para Surveyor yang datang ke RSD dr. Soebandi dalam rangka survey akreditasi, dan menilai secara langsung seluruh standart pelayanan di RSD dr. Soebandi guna menjamin mutu dan keselamatan pasien. Survey akreditasi rumah sakit ini dilaksanakan selama dua hari yang dilakukan oleh tiga orang surveyor yaitu dr. Susi Herawati, M.Kes, dr. Devvi Riasari, Sp.PK(K), dan Siti Fatonah, S.Kep, Ns, M.Kes.

Para surveyor tampak disambut dengan hangat oleh direksi, dokter spesialis, dokter umum, dokter gigi, apoteker, bidan, perawat dan seluruh civitas hospitalia RSD dr. Soebandi Jember.Kegiatan survey ini dilakukan selama 2 hari dan pada hari Jumat tanggal 23 September 2022 merupakan hari pertama survey akreditasi, dimana Para Surveyor akan menilai segala pelayanan yang dilakukan di RSD dr. Soebandi secara nyata.

Untuk membantu Para Surveyor dalam proses survey akreditasi, Tim RSD dr Soebandi membentuk 16 Pokja (Kelompok Kerja) yang terdiri dari Pokja Tata Kelola Rumah Sakit, Pokja Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien, Pokja Kinerja Penilaian Staf, Pokja Pelayanan Kefarmasian Penggunaan Obat, Pokja Manajemen Fasilitas dan Keselamatan, Pokja Pendidikan Pelatihan Kesehatan, Pokja Akses Kontinuitas Pelayanan, Pokja Pelayanan Asuhan Pasien, Pokja Pelayanan Anastesi Bedah, Pokja Pengkajian Pasien, Pokja Sasaran Keselamatan Pasien, Pokja Pencegahan Pengendalian Infeksi, Pokja Manajemen Rekam Medik Informasi Kesehatan, Pokja Hak Pasien dan keluarga, Pokja Komunikasi Efektif dan Pokja Program nasional. Seluruh Pokja ini bertugas menyelaraskan strandart pelayanan di RSD dr. Soebandi agar dapat sesuiai dengan standart akreditasi nasional, dan mewujudkan standart akreditasi rumah sakit tersebut terimplementasikan di seluruh layanan di RSD dr. Soebandi Jember. Dengan begitu, maka RSD dr. Soebandi dapat memiliki standart mutu dan keselamatan pasien sesuai dengan standart mutu nasional.

Pada hari pertama survey ini, setelah acara pembukaan dan presentasi Direktur, ketiga surveyor melakukan telusur ke seluruh Instalasi di RSD dr. Soebandi secara mendalam terhadap pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Survey itu dilakukan dengan inspeksi, wawancara, telusur lapangan secara langsung terhadap pelayanan, pegawai, pasien, pengunjung dan keluarga pasien, juga kepada para satpam, cleaning service dan semua pihak yang terlibat dalam pelayanan di RSD dr. Soebandi. Para Surveyor memastikan bahwa RSD dr Soebandi memberikan pelayanan kesehatan dengan menjunjung tinggi mutu pelayanan dan berfokus pada keselamatan pasien sesuai standart mutu nasional. Kegiatan akreditasi rumah sakit ini sangat penting, karena akan membantu rumah sakit untuk menerapkan tata kelola rumah sakit yang baik dan menjamin mutu dan keselamatan pasien di RSD dr Soebandi Jember. Sehingga dapat dipastikan bahwa pelayanan yang diberikan oleh RSD dr. Soebandi telah sesuai dengan standart kreditasi rumah sakit dan diakui secara Nasional. Hal itu selaras dengan visi RSD dr Soebandi Jember untuk menjadi rumah sakit pendidikan unggul dan rujukan nasional yang menjamin mutu dan keselamatan pasien.