• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Sabtu, 21 September 2024 : WIB

lima-puluh-sembilan-pegawai-rsd-dr-soebandi-mendonorkan-darahnya-dalam-rangka-memperingati-hari-donor-darah-sedunia

29 Jun 2022

LIMA PULUH SEMBILAN PEGAWAI RSD dr. SOEBANDI MENDONORKAN DARAHNYA DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI DONOR DARAH SEDUNIA

Pada hari Rabu, tanggal 29 Juni 2022, jam 08.00 12.00 WIB, di Aula Masjid RSD dr. Soebandi Jember, telah diselenggarakan acara donor darah yang diikuti oleh 59 (lima puluh Sembilan) orang pegawai RSD dr. Soebandi. Sebelum dilakukan prosedur donor darah, kelima puluh sembilan orang calon pedonor tersebut dilakukan pemeriksaan kesehatan yang meliputi berat badan tidak kurang dari 45 kilogram dan sehat baik jasmani maupun rohani, tekanan darah berada pada angka 100-170 (sistolik) dan 70-100 (diastolik) dan kadar hemoglobin darah saat pemeriksaan harus berkisar antara 12,5g% 17g%. Setelah menjalani pemeriksaan kesehatan, hanya 43 (empat puluh tiga) orang yang memenuhi syarat untuk mendonorkan darahnya.

Sehingga dipastikan bahwa pedonor memiliki kondisi yang bagus untuk menjalani prosedur donor darah. Sebelum kegiatan donor darah ini berlangsung, RSD dr. Soebandi telah membagikan tips kepada pegawainya yang berniat untuk mendonorkan darahnya, yaitu agar cukup tidur pada malam hari sebelum melakukan donor, mencukupi kebutuhan gizi dan cairan tubuh dengan makanan dan minuman kaya zat besi dan memperbanyak minum air putih sebelum melakukan donor darah. Sehingga ketika para calon pedonor hadir di Aula Dausyifa RSD dr. Soebandi pada jam 08.00 WIB memiliki kondisi yang siap untuk melakukan donor darah.

Kegiatan donor darah yang diselenggarakan dalam rangka Hari Donor Darah Sedunia yang diperingati setiap tanggal 14 Bulan Juni. Kegiatan ini diselenggarakan serentak di seluruh dunia, untuk menghimpun darah dari setiap pedonor yang dikumpulkan menggunakan jarum steril sekali pakai, kemudian ditampung dalam kantong darah steril sehingga terkumpul dalam kantong darah. Setelah mendonorkan darahnya, para pedonor mendapatkan susu dan snack dari pihak PMI untuk dikonsumsi oleh para pedonor dan disarankan beristirahat sejenak sebelum melakukan kegiatan berat.