• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Kamis, 19 September 2024 : WIB

monitoring-dan-evaluasi-pelaksanaan-dak-fisik-tahun-anggaran-2024-di-rsd-dr-soebandi-jember

10 Sep 2024

MONITORING DAN EVALUASI PELAKSANAAN DAK FISIK TAHUN ANGGARAN 2024 DI RSD dr. SOEBANDI JEMBER

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Jember melaksanakan pemantauan dan evaluasi Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Tahun 2024 di RSD dr. Soebandi Jember, sebagai salah satu bentuk pembinaan dalam perencanaan dan pengelolaan penganggaran pembangunan daerah bidang kesehatan sesuai kewenangannya. Dalam kegiatan ini,Bapak Bowo Wicaksono, S.E dan Bapak Fahcri Zain, SE dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Jember didampingi oleh Ibu Rina Arsowulan, S.E dan Rom Asrul, S.E dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jember.

Tim monitoring dan evaluasi ini diterima langsung oleh Direktur RSD dr. Soebandi dr. Lilik Lailiyah M.Kes, Wakil Direktur Umum dan Keuangan Ibu Sri Rahayu Wilujeng, SE, MM, Wadir Pelayanan Medik dan Keperawatan dr. Anna Widyassari M.Kes, beserta Kepala Bagian Perencanaan dan Pemasaran, Kepala Bidang Pelayanan Penunjang Medik dan Kepala Bidang Keperawatan di Ruang Rapat Direksi RSD dr.Soebandi Jember pada hari Selasa tanggal 10 September 2024 jam 09.00 WIB.

Beberapa hal yang disampaikan oleh Bappeda terkait laporan DAK tahun 2024 di RSD dr. Soebandi yaitu sistem pelaporan memerlukan keterangan yang lebih terperinci serta harus melalui kajian inspektorat sebelum dilakukan realisasi bagi alat-alat kesehatan yang sudah datang di RSD dr. Soebandi Jember. Hal tersebut berkaitan dengan adanya beberapa alat kesehatan yang dianggarkan melalui dana alokasi khusus tahun anggaran 2024 telah datang di RSD dr. Soebandi Jember, sehingga dalam pelaksanaannya memiliki akuntabel dan transparan. Selain itu RSD dr. Soebandi disarankan untuk mengusulkan alat-alat kesehatan untuk menunjang peningkatan layanan kesehatan yang dibutuhkan oleh masyarakat, dan juga pembaharuan alat-alat kesehatan di RSD dr. Soebandi yang kondisinya sudah rusak. Sehingga RSD dr. Soebandi dapat memberikan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan harapan masyarakat.

Direktur RSD dr. Soebandi menyampaikan bahwa RSD dr. Soebandi membutuhkan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Jember untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan tersedianya alat-alat kesehatan yang canggih, dimana alat-alat canggih tersebut tidak hanya membutuhkan biaya yang besar dalam proses pengadaannya, namun juga membutuhakan biaya yang besar dalam pemeliharaannya.

Pada Kesempatan ini tim dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Jember menyampaikan apresiasinya kepada RSD dr. Soebandi yang senantiasa melakukan pengembangan pelayanan kepada masyarakat dengan selalu mengembangkan sumber daya manusia kesehatan yang mumpuni, yang tentunya juga harus diimbangi dengan ketersediaan sarana prasarana alat kesehatan yang memadai. Hal tersebut merupakan salah satu komitmen RSD dr. Soebandi sebagai rumah sakit rujukan di Jawa Timur bagian timur yang menerima rujukan dari 7 wilayah di sekitarnya yaitu Kabupaten Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso, Lumajang, Probolinggo, Jember dan Kota Probolinggo, sehingga RSD dr. Soebandi dapat memberikan pelayanan kesehatan sesuai kebutuhan masyarakat. Untuk itu Direktur RSD dr. Soebandi Jember menyampaikan bahwa sebagai rumah sakit daerah milik Pemerintah Kabupaten Jember yang selalu siap meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, maka RSD dr. Soebandi sudah sepantasnya mendapatkan dukungan dari Pemerintah Daerah melalui alat-alat kesehatan yang mendukung pelayanan kesehatan.