• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Minggu, 8 September 2024 : WIB

oleh-rsd-dr-soebandi-bupati-jember-menghadiri-kegiatan-proctorship-amplatzer-septal-occluder-aso-di-rsd-dr-soebandi

10 Mei 2024

Oleh : RSD. DR. SOEBANDI BUPATI JEMBER MENGHADIRI KEGIATAN PROCTORSHIP AMPLATZER SEPTAL OCCLUDER (ASO) DI RSD dr. SOEBANDI

Penyakit Jantung Bawaan (PJB) merupakan faktor terbesar dalam kasus gagal jantung. Diperlukan terapi yang tepat untuk mencegah terjadinya komplikasi. Dalam upaya menurunkan Angka Kematian Bayi (AKB), Pemerintah Kabupaten Jember memberikan dukungan penuh kepada RSD dr. Soebandi untuk melakukan langkah- langkah inovasi untuk meningkatkan mutu Pelayanan Jantung Terpadu (PJT). Perlu dilakukan pengembangan pelayanan terapi kateterisasi intervensi sebagai bagian dari pengembangan Pelayanan Jantung Terpadu, mengingat RSD dr. Soebandi sebagai Rumah Sakit rujukan regional Jawa Timur bagian timur dan Rumah Sakit Pendidikan Utama di Kabupaten Jember melalui kegiatan Proctorship Amplatzer Septal Occluder (ASO) yang diselenggarakan pada hari Selasa, 20 April 2024.

Kegiatan proctorship ASO terselenggara dengan adanya kerjasama antara RSD dr. Soebandi dengan tim Pelayanan Jantung Terpadu (PJT) RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Dalam kesempatan ini telah hadir Bupati Jember, Ir. H. Hendy Siswanto, ST.IPU.,ASEAN.Eng , Hadi Sasmito, S.H., M.Si selaku Sekertaris Daerah, dr. Hendro Soelistijono, MM.,M.Kes selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jember serta tim PJT RSUD Dr. Soetomo Surabaya yang terdiri dari Dr. H. Mahrus A. Rachman, dr., Sp.A(K); Taufiq Hidayat, dr., Sp.A(K); dan Riza Nur Cholisoh, A.Md., Kep.

Rangkaian kegiatan proctorship ASO dimulai pukul 07.00 dimana rombongan Bupati tiba di RSD dr. Soebandi dan langsung mengunjungi Ruang Rawat Inap Aster tempat ketiga pasien anak dengan penyakit jantung bawaan yang hari ini akan dilakukan tindakan kateterisasi jantung. Dalam kunjungan kepada pasien, beliau memberikan dukungan moril kepada pasien dan keluarga dan mendoakan agar tindakan berjalan dengan lancar.

Kegiatan ceremonial pembukaan kegiatan Proctorship Amplatzer Septal Occluder (ASO) yang bertempat di ruangan Lobby Direksi RSD dr. Soebandi diawali dengan sambutan dari dr. Lilik Lailiyah, M.Kes selaku Plt. Direktur RSD dr. Soebandi yang menyampaikan terimakasih atas kahadiran dan dukungan dari Pemkab Jember khususnya Bupati Jember, Sekertaris Daerah Kabupaten Jember, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jember. Beliau juga menyampaikan terimakasih kepada tim PJT RSUD Dr. Soetomo Surabaya yang memberikan bimbingan secara langsung kepada tim PJT RSD dr. Soebandi. Kegiatan proctorsip telah beberapa kali dilangsungkan pada tahun 2023, dan kali ini merupakan kegiatan proctorship ASO pertama di tahun 2024. Di Kabupaten Jember sendiri telah ada sekitar 174 kasus yang telah terdaftar yang harus mendapatkan perhatian khusus. Layanan cath lab RSD dr. Soebandi saat ini masih satu-satunya di wilayah JawaTimur bagian Timur yang didukung oleh tenaga Dokter Spesialis Anak Subspesialis Kardiologi Anak Konsultan. Beliau juga sangat berharap secara bertahap setelah melalui proses pendampingan kedepannya RSD dr. Soebandi Jember dapat memberikan layanan ASO secara mandiri.

Dr. H. Mahrus A. Rachman, dr., Sp.A(K) selaku ketua tim PJT RSUD Dr. Soetomo Surabaya yang menyampaikan terimakasih atas kehadiran Bupati Jember beserta Sekertaris Daerah Kabupaten Jember. Beliau juga menyatakan siap memberikan pendampingan dan dukungan kepada RSD dr. Soebandi untuk memajukan layanan PJT RSD dr. Soebandi agar semakin baik dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

Selanjutnya sambutan dari Bupati Jember, Ir. H. Hendy Siswanto, ST.IPU.,ASEAN.Eng yang menyampaikan Pemkab Jember senantiasa memberikan dukungan penuh kepada RSD dr. Soebandi untuk memajukan layanan kepada masyarakat Jember. Beliau juga memberikan dukungan kepada dr. Saraswati Dewi, Sp.A (K) Dokter Spesialis Anak Subspesialis Kardiologi Anak Konsultan RSD dr. Soebandi beserta tim PJT RSD dr. Soebandi dan berharap agar mendapatkan ilmu yang sebanyak-banyaknya dari tim PJT RSUD Dr. Soetomo Surabaya melalui kegiatan proctorship. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan meningkatkan kemampuan dari RSD dr. Soebandi Jember secara bertahap, pendampingan sampai akhirnya bisa melaksanakan tindakan secara mandiri.

Semoga melalui kegiatan kali ini RSD dr. Soebandi dapat meningkatkan mutu layanan khususnya di bidang layanan jantung terpadu sehingga mendatangkan manfaat bagi masyarakat Jember.