• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Selasa, 17 September 2024 : WIB

pasien-proctorship-operasi-bedah-anak-repair-kloaka-rsd-dr-soebandi-telah-dinyatakan-sehat-dan-diijinkan-pulang-oleh-dokter

5 Sep 2024

PASIEN PROCTORSHIP OPERASI BEDAH ANAK “REPAIR KLOAKA” RSD dr. SOEBANDI TELAH DINYATAKAN SEHAT DAN DIIJINKAN PULANG OLEH DOKTER

Pasien RSD dr. Soebandi yang menjalani operasi bedah anak “Repair Kloaka” telah dinyatakan sembuh oleh dokter dan diperbolehkan pulang pada hari ini, Kamis tanggal 5 September 2024 setelah menjalani tindakan pembedahan pada 29 Agustus 2024 laluKasus repair kloaka tergolong kasus yang jarang, dimana kelainan bawaan ini terjadi pada bayi tidak punya anus/ anus tidak pada tempatnya sehingga langkah penanganannya lebih detail dengan harapan anus, vagina, dan uretra dapat berfungsi dengan baik.

RSD dr. Soebandi menyelenggarakan kegiatan proctorship bedah anak yang ketiga kalinya ini sejalan dengan visi RSD dr. Soebandi untuk Menjadi Rumah Sakit Pendidikan Unggul dan Rujukan Nasional yang Menjamin Mutu serta Keselamatan Pasien.

Operasi berjalan lancar, kedua pasien telah menjalani pembedahan dan dinyatakan sehat. 1 orang diantaranya diperbolehkan pulang dari RSD dr. Soebandi Jember, dan 1 orang pasien lagi masih memerlukan perawatan lebih lanjut. Adapun  tim dokter bedah anak RSD dr. Soebandi yang terlibat dalam kegiatan proctorsip adalah dr. Supangat, M.Kes., Ph.D., Sp.BA. dan dr. Bela Mayvani Rachman, M.Ked.Klin, Sp.BAdr. Nurul Ima Suciwiyati, M.Ked, Sp.A selaku dokter spesialis Anak, serta dr. Haris Darmawan, Sp. An-TI selaku Dokter Spesialis Anestesi. Sedangkan dari tim dokter RSUD Dr. Soetomo Surabaya adalah dr. Purnawirawanto,Sp.BA., Subsp.DA (K) selaku Ketua Persatuan Bedah Anak Wilayah Jatim, Bali, dan Nusa Tenggara dan dr. Fransisca Kusumowidagdo, Sp.BA., Subsp.UA (K) selaku Dokter Spesialis Bedah Anak RSUD Dr. Soetomo.

dr. Bela Mayvani Rachman, M.Ked.Klin, Sp.BA selaku Dokter Spesialis Bedah Anak RSD dr. Soebandi menyampaikan bahwa pasien proctorship kloaka dengan inisial W dinyatakan sehat, stabil, dalam kondisi baik, dan keluarga sudah mampu merawat luka secara mandiri. Berikutnya pasien akan dilakukan rawat jalan selanjutnya akan dilakukan program businasi sebagai kelanjutan dari repair kloaka.

dr. Haris Darmawan,Sp.An-TI selaku Dokter Spesialis Anestesi RSD dr. Soebandi menyampaikan bahwa operasi berjalan lancar dan sukses. Untuk pembedahan kali ini tim anestesi melakukan inovasi layanan bedah anak minimal nyeri yang dinamakan SOE-ZOPANS (SOEbandi Zero post Operative PAiN Scale).

Semoga pelayanan bedah anak di RSD dr. Soebandi dapat semakin berkembang dan membawa manfaat bagi masyarakat.