• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Kamis, 19 September 2024 : WIB

pelaksanaan-bakti-sosial-pelayanan-mowmop-dalam-rangka-memperingati-hari-ibu-hkn-ke-59-dan-hut-rsd-dr-soebandi-ke-49

20 Nov 2023

PELAKSANAAN BAKTI SOSIAL PELAYANAN MOW/MOP DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI IBU, HKN KE-59 DAN HUT RSD dr. SOEBANDI KE-49

Pada hari Sabtu, 18 November 2023 RSD dr. Soebandi berkolaborasi dengan BKKBN Provinsi Jatim, DP3AKB Kabupaten Jember, dan KODIM 0824 Jember menyelenggaranan Bakti Sosial Pelayanan MOW/MOP (Metode Operasi Wanita atau Metode Operasi Pria) melalui program inovasi J - KOMANDAN (Jember Kontrasepsi Mantap Dan Aman). Kegiatan J-KOMANDANkali ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ibu, Hari Kesehatan Nasional ke-59, dan HUT RSD dr. Soebandi ke-49 tahun 2023.Kegiatan kali ini diikuti oleh 203 orang akseptor yang menjalani operasi MOW dan 9 orang operasi MOP.

Program inovasi J-KOMANDAN bertujuan untuk pembinaan terhadap akseptor yang merupakan Pasangan Usia Subur melalui kontrasepsi MOW/ MOP dalam upaya untuk pengendalian jumlah penduduk sekaligus mencegah dan menurunkan angka stunting.

Kegiatan operasi dimulai pukul 09. 00 WIB. Akseptor yang telah lolos skreening dengan pemeriksaan lab darah lengkap, gula darah puasa dan foto thorax kembali hadir ke RSD dr. Soebandi didampingi petugas Puskesmas, melakukan pendaftaran dan penandatanganan Inform Consent sebagai tanda persetujuan untuk dilakukan tindakan KB MOW/MOP. Sebelum dilakukan tindakan, dokter spesialis Anestesi juga telah melakukan pemeriksaan untuk menentukan lolos atau tidaknya calon akseptor.

Proses operasi dilakukan di Kamar Operasi (OK) 10 RSD dr. Soebandi dengan didahului perawatan pre op/ perawatan sebelum operasi oleh tenaga bidan. Tindakan operasi dilakukan oleh tim medis BKKBN dengan support tim Peristi dan tim back up Instalasi Bedah Sentral RSD dr. Soebandi. Pasca operasi, para akseptor dilakukan observasi di ruangan yang tidak jauh dari kamar operasi dengan bantuan tenaga mobilisasi pasien dari KODIM 0824 Jember.

Dalam kesempatan ini Bapak Wakil Bupati Jember, KH. M.B.Firjaun Barlaman hadir ke RSD dr. Soebandi untuk menyapa dan memberikan semangat kepada para akseptor yang menyambut antusias kehadiran Bapak Wakil Bupati Jember dengan mengajak berfoto bersama.

Semoga melalui kegiatan kolaborasi dari semua pihak ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.