• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Jumat, 21 Juni 2024 : WIB

pelaksanaan-program-inovasi-j-komandan-dengan-kegiatan-baksos-kb-mow-mop-di-rsd-dr-soebandi

20 Mei 2024

PELAKSANAAN PROGRAM INOVASI J-KOMANDAN DENGAN KEGIATAN BAKSOS KB MOW & MOP DI RSD dr. SOEBANDI

RSD dr. Soebandi bekerjasama dengan BKKBN Propinsi Jawa Timur, DP3AKB Kabupaten Jember dan KODIM 0824 telah sukses memberikan layanan kontrasepsi kepada masyarakat di tahun 2022 dan 2023. Pada hari Sabtu, 18 Mei 2024 Bakti Sosial Metode Operasi Wanita dan Metode Operasi Pria yang disingkat dengan istilah BAKSOS MOW & MOP melalui program inovasi J - Komandan (Jember Kontrasepsi Mantap Dan Aman) kembali hadir di RSD dr. Soebandi dalam rangka memperingati TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke – 120 dan Hari Ulang Tahun Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke – 73.

Rangkaian kegiatan J – KOMANDAN diawali dengan ceremonial yang dilangsungkan di Aula Masjid Darusy Syifa RSD dr. Soebandi dihadiri oleh Wakil Bupati Jember, K.H.M.Balya Firjaun Barlaman, Kepala Perwakilan BKKBN Prov Jatim Dra. Maria Ernawati, MM, Dandim 0824, Ketua Komisi D DPRD Kab. Jember, Kasdim 0824, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jember, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Kodim 0824, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kab. Jember, Ketua IBI Cabang Jember, Pasi Teritorial Kodim 0824, Ketua IpeKB, Ketua Forum Puspa, Ketua Gerakan Peduli Perempuan dan Anak (GPP) Jember, Kepala OPD dan  Direktur RSD di Lingkungan Pemkab Jember, serta dari RSD dr. Soebandi juga hadir dr. Lilik Lailiyah, M.Kes selaku Direktur RSD dr. Soebandi yang didampingi oleh para Wadir, jajaran pejabat struktural, dan segenap civitas hospitalia yang terlibat dalam kegiatan J-KOMANDAN. 

Dalam sambutannya Wakil Bupati Jember menyampaikan bahwa, pencapaian program Keluarga Berencana (KB) dalam percepatan penurunan stunting sangat ditentukan oleh keikutsertaan masyarakat terutama dalam hal ini, Pasangan Usia Subur (PUS). Untuk itu, Program KB harus terus dilakukan dan disukseskan, khususnya di Kabupaten Jember. Adapun tujuan Program KB, antara lain dapat meningkatkan derajat kesehatan ibu, dapat mencegah perdarahan ibu pada saat persalinan, mencegah kehamilan yang tidak diinginkan, serta meningkatkan keharmonisan keluarga. Berkaitan dengan upaya KB, dapat dilakukan melalui metode kontrasepsi metode MOP atau Medis Operasi Pria (Vasektomi) dan MOW atau Medis Operasi Wanita (Tubektomi).

Kepala Perwakilan BKKBN Prov Jatim menyampaikan terimakasih dan mengapresiasi aksi konvergen yang dilakukan oleh Pemkab Jember dan semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini termasuk RSD dr. Soebandi selaku tuan rumah.

dr. Lilik Lailiyah, M.Kes selaku Direktur RSD dr. Soebandi menyampaikan rasa bangga karena ditunjuk kembali menjadi tuan rumah kegiatan BAKSOS MOW & MOP melalui program inovasi RSD dr. Soebandi yaitu J – Komandan. Beliau juga menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang selama ini telah berkolaborasi memberikan layanan MOP dan MOP. RSD dr. Soebandi juga telah melayani layanan MOW dan MOP reguler. 

Sejumlah 170 orang akseptor MOW dan 4 orang akseptor MOP telah mendapatkan layanan KB yang didahului proses pendaftaran dan penandatanganan Informed Consent dan pasien kehamilan utk memastikan akseptor tidak dalam kondisi hamil. Skreening dilakukan oleh dokter spesialis untuk memastikan lolos tidaknya calon akseptor untuk dilakukan operasi. Tindakan operasi dilakukan oleh Tim Medis BKKBN dengan support Tim Peristi dan Tim Back Up Instalasi Bedah Sentral RSD dr. Soebandi. 

 

Semoga program inovasi J-KOMANDAN dapat berkontribusi dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak, meningkatkan kesejahteraan keluarga, menekan angka Angka Kematian Ibu dan Bayi, serta menurunkan angka stunting di Kabupaten Jember.