• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Jumat, 20 September 2024 : WIB

pelaksanaan-program-inovasi-j-komandan-dengan-kegiatan-bhaksos-kb-mowmop-di-rsd-dr-soebandi

31 Jul 2023

PELAKSANAAN PROGRAM INOVASI J-KOMANDAN DENGAN KEGIATAN BHAKSOS KB MOW/MOP DI RSD dr. SOEBANDI

Pada hari Sabtu, 29 Juli 2023 bertempat di RSD dr. Soebandi telah terselenggara kegiatan Bakti Sosial Metode Operasi Wanita atau Metode Operasi Pria yang disingkat dengan istilah BHAK-SOS MOW / MOP melalui program inovasi J - Komandan (Jember Kontrasepsi Mantap Dan Aman), merupakan kerjasama RSD dr. Soebandi, BKKBN Propinsi Jawa Timur, DP3AKB dan KODIM 0824 Jember. Kegiatan ini diikuti oleh 227 orang akseptor yang telah mendapatkan layanan KB, terdiri dari 216 akseptor MOW dan 11 akseptor MOP.

Kegiatan operasi dimulai pukul 09. 00 WIB. Akseptor yang telah lolos skreening datang ke RSD dr. Soebandi untuk melakukan pendaftaran dan penandatanganan Inform Consent sebagai tanda persetujuan untuk dilakukan tindakan KB MOW/MOP. Sebelum dilakukan tindakan, dokter spesialis Anestesi juga telah melakukan pemeriksaan untuk menentukan lolos atau tidaknya calon akseptor. Proses operasi dilakukan di OK 10 RSD dr. Soebandi dengan didahului perawatan pre op/ perawatan sebelum operasi oleh tenaga bidan. Tindakan operasi dilakukan oleh tim medis BKKBN dengan support tim Peristi dan tim back up Instalasi Bedah Sentral RSD dr. Soebandi. Pasca operasi, para akseptor dilakukan observasi di ruangan yang tidak jauh dari kamar operasi dengan bantuan tenaga mobilisasi pasien dari KODIM 0824 Jember.

Dalam kegiatan ini juga turut hadir Bupati Jember, Ir. H. Hendy Siswanto, ST. IPU; Wakil Bupati Jember KH. MB. Firjaun Barlaman; perwakilan DANDIM 0824 Jember; perwakilan dari BKKBN Propinsi Jawa Timur, Waluyo Ajeng Lukito, S.ST ; serta Drs. Supri Handoko selaku perwakilan dari DP3AKB Jember.

Bupati Jember , Ir. H. Hendy Siswanto, ST. IPU menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan dalam rangka peringatan TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ke - 117 dan HARGANAS (Hari Keluarga Nasional) ke 30. Beliau berharap agar program ini kedepannya lebih disupport oleh BKKBN baik dari Propinsi Jawa Timur maupun pusat agar dapat memberikan prioritas kepada Kabupaten Jember yang jumlah penduduknya besar, dan Pemkab Jember akan berusaha, bergerak untuk menekan angka AKI (Angka Kematian Ibu), AKB (Angka Kematian Ibu), dan angka kejadian stunting salah satunya melalui pengaturan kelahiran.

Direktur RSD dr. Soebandi dr. Lilik Lailiyah, M. Kes beserta jajaran menyambut kedatangan tim peninjau pelayanan KB MOW/ MOP. Dalam sambutannya, dr. Lilik Lailiyah, M. Kes menyampaikan rasa terimakasih atas sinergi dan kolaborasi dari semua pihak yang bekerjasama demi terwujudnya kegiatan yang sangat mulia ini, untuk menurunkan angka AKI (Angka Kematian Ibu), AKB (Angka Kematian Ibu), dan angka kejadian stunting. Selain itu beliau juga berharap agar semangat dan kedisiplinan dari para anggota TNI dapat menjadi teladan yang baik bagi kita semua. Dalam kesempatan ini Bupati dan Wakil Bupati Jember juga menyempatkan untuk hadir menyapa dan memberi semangat kepada para akseptor KB dan petugas.

Kegiatan berjalan dengan lancar dengan kondisi pasien yang sesuai dengan harapan. Semoga kegiatan yang sangat mulia ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.