• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Kamis, 19 September 2024 : WIB

pelatihan-penanganan-kegawatdaruratan-psikiatri-bagi-tenaga-kesehatan-kabupaten-jember-di-rsd-dr-soebandi

8 Mei 2024

PELATIHAN PENANGANAN KEGAWATDARURATAN PSIKIATRI BAGI TENAGA KESEHATAN KABUPATEN JEMBER DI RSD dr. SOEBANDI

Kegawatdaruratan psikiatri merupakan tindakan segera dalam rangka upaya penyelamatan nyawa maupun upaya pertolongan segera untuk mencegah terjadinya gangguan berlanjut atau yang bertambah buruk. Tindakan segera untuk menyelamatkan nyawa, seperti pada kasus percobaan bunuh diri, melukai diri, mengganggu lingkungan dan masyarakat sekitarnya, atau hanya mengalami kegelisahan pribadi. Kedaruratan psikiatri merupakan keadaan yang tak terduga dengan potensi katastrophi, dimana 12% dari bagian kedaruratan pasien datang dengan keluhan psikiatrik.

RSD dr. Soebandi sebagai Rumah Sakit pendidikan, senantiasa berupaya untuk mendorong kemajuan sumber daya manusia tidak hanya yang berasal dari intern RSD dr. Soebandi saja tetapi juga termasuk tenaga kesehatan yang berada di Puskesmas di Kabupaten Jember. Sehubungan dengan hal tersebut, pada hari Rabu,17 Januari 2024 RSD dr. Soebandi menyelenggarakan In House Training Kegawat Daruratan Psikiatri yang diikuti oleh 73 orang nakes RSD dr. Soebandi secara luring dan 100 orang nakes dari Puskesmas di kabupaten Jember yang mengikuti secara daring.

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah supaya perawat dan bidan RSD dr. Soebandi mampu meningkatkan pengetahuan dan membangun karakter yang unggul dan berkualitas dalam menangani kegawatdaruratan pasien psikiatri. In House Training Kegawat Daruratan Psikiatri dilaksanakan di ruang Aula Masjid Darusy Syifa RSD dr. Soebandi.

Kegiatan ini diawali dengan laporan dari Ketua Panitia, dibuka oleh Ns Siswoyo, S. Kep yang menyampaikan bahwa RSD dr. Soebandi yang merupakan rumah sakit yang ditunjuk untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan jiwa tidak hanya didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai tetapi juga harus didukung dengan kemampuan SDM dalam memberikan pelayanan yang terbaik. Selain itu RSD dr. Soebandi juga berkomitmen untuk mewujudkan pelayanan kesehatan jiwa yang lebih baik, mulai dari hulu ke hilir yang artinya pelayanan kesehatan jiwa harus berkesinambungan antara Puskesmas sebagai perujuk dengan RSD dr. Soebandi.

Kegiatan In House Training dibuka oleh dr. Lilik Lailiyah, M.Kes selaku Plt. Direktur RSD dr. Soebandi. Dalam kesempatan ini beliau menghimbau agar peserta berkonsentrasi untuk menyimak materi yang diberikan oleh narasumber sehingga mampu mengaplikasikan teori yang sudah didapatkan, serta mampu memberikan pertolongan dengan cepat dan tepat pada pasien psikiatri di RSD dr. Soebandi Jember maupun di Puskesmas. Ibu Direktur sangat mensuport kegiatan positif ini karena pelayanan kesehatan jiwa masuk dalam pelayanan prioritas.

In House Training Kegawat Daruratan Psikiatri kali ini menghadirkan 2 orang narasumber. dr. Justina Evy Tyaswati, Sp.KJ yang merupakan dokter spesialis jiwa RSD dr. Soebandi memberikan materi tentang Kegawat Daruratan Psychiatri dan Tata Laksana Gangguan Jiwa. Pemateri kedua adalah Ns. Komarudin, M.Kep. Sp.Kep. J dari Fakultas Ilmu Kesehatan /Keperawatan UNMUH Jember membawakan materi tentang Asuhan Keperawatan Pasien Jiwa dan Terapi Modalitas.

Peserta mengawali kegiatan dengan mengisi soal-soal pretest yang telah disiapkan oleh panitia. Semua peserta terlihat antusias menyimak penjelasan dari pemateri dan bertanya kepada narasumber dalam sesi diskusi.Semoga melalui kegiatan ini kgiatan pelatihan ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai sumber informasi dan pedoman bagi perawat untuk mengembangkan pengetahuan dan membangun karakter dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.