• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Kamis, 19 September 2024 : WIB

penilaian-adipura-kencana-di-rsd-dr-soebandi-kabupaten-jember-tahun-2024

8 Mei 2024

PENILAIAN ADIPURA KENCANA DI RSD dr. SOEBANDI KABUPATEN JEMBER TAHUN 2024

Seluruh komponen masyarakat maupun Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Jember turut berpartisipasi dalam mensukseskan penilaian Adipura Kabupaten Jember tahun 2024 termasuk RSD dr. Soebandi. Pada hari ini, Rabu 7 Februari 2024 tim penilai Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Timur dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jember hadir di RSD dr. Soebandi untuk melakukan telusur lapangan dan administrasi pengelolaan Limbah B3 untuk menilai kebersihan.

Terdapat beberapa kriteria penilaian Adipura antara lain kebersihan pemukiman menengah dan sederhana, jalan arteri dan kolektor, pasar, pertokoan, perkantoran, sekolah, hutan kota, taman kota, saluran terbuka, fasilitas pengelolaan sampah yang dikelola oleh pemerintah daerah antara lain pusat daur ulang dan Tempat Pembuangan Akhir (TPA), Puskesmas, dan Rumah Sakit.

Tim penilai Adipura diterima secara langsung di ruangan Loby Direksi RSD dr. Soebandi oleh Ibu Direktur RSD dr. Soebandi, dr. Lilik Lailiyah, M.Kes yang menyampaikan bahwa, RSD dr. Soebandi berterimakasih atas kehadiran tim penilai adipura dan berharap masukan untuk perbaikan di masa yang akan datang. RSD dr. Soebandi telah berupaya untuk mempertahankan kebersihan dan menciptakan lingkungan rumah sakit yang sehat dan nyaman, diantaranya melalui program kegiatan Beri Bantuan (Jember Resik Soebandi Tidak Kumuh dan Nyaman) dalam rangka mendukung program dari Pemerintah kabupaten Jember yaitu JEMBER RESIK. Kegiatan gotong royong membersihkan area rumah sakit yang diikuti oleh jajaran manajemen beserta seluruh karyawan dan karyawati RSD dr. Soebandi dari semua profesi. Area kegiatan meliputi area dalam gedung RSD dr. Soebandi dan di luar gedung yaitu sisi luar pagar Rumah Sakit. Selain melaksanakan kegiatan membersihkan lingkungan, karyawan RSD dr. Soebandi juga membagikan makanan kepada keluarga pasien. Kegiatan "Beri Bantuan" yang dimulai bulan November 2023 dilaksanakan secara rutin pada setiap hari Jum'at minggu pertama setiap bulannya. Pengelolaan limbah B3 di RSD dr. Soebandi telah dikelola sesuai dengan ketentuan dengan memisahkan antara limbah infeksius dan non infeksius sehingga tidak membahayakan lingkungan sekitar.

Selain itu RSD dr. Soebandi telah melakukan relokasi lapak UMKM yang semula berada tepat di depan trotoar RSD dr. Soebandi kini telah dipindahkan ke tempat yang lebih nyaman, yaitu di Mall PDL (Penyembuh Dahaga dan Lapar). RSD dr. Soebandi telah memfasilitasi para pedagang untuk berdagang di area yang lebih nyaman . Relokasi lapak UMKM ini bertujuan untuk menciptakan suasana yang bersih, nyaman, rapi dan indah dipandang mata di sekitar area RSD dr. Soebandi, serta mengaktifkan kembali fungsi trotoar untuk pejalan kaki.

Bapak Tri wahyu Nugroho, SE dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Timur menyampaikan bahwa tim telah mengamati dan menilai sarana dan prasarana pengelolaan sampah sebagai prioritas. Beliau memberikan saran agar RSD dr. Soebandi dapat memberikan edukasi kepada pasien dan keluarga untuk memisahkan sampah infeksius dan non infeksius agar tidak perlu memilah kembali. Penghijauan di semua area RSD dr. Soebandi juga sudah baik. Pengelolaan limbah juga telah baik dan sesuai standar.

Bapak Kaldera Ahmed dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyampaikan bahwa berdasarkan pengamatan di lapangan, kondisi lingkungan di RSD dr. Soebandi sudah bersih, drainase baik, toilet bersih, TPS domestic dan TPS limbah medis juga sudah bagus. Semoga kedepannya dapat dipertahankan dan limbah organik dapat diolah menjadi pupuk kompos.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jember drh. Sugiyarto, S. KH, M. Si menyampaikan terimakasih atas sambutan dari jajaran manajemen RSD dr. Soebandi kepada tim penilai adipura. Semoga penilaian di RSD dr. Soebandi dapat menjadi poin yang baik bagi Kabupaten Jember untuk meraih kembali adipura di tahun ini. Beliau juga mengajak untuk bersama- sama berinovasi mewujudkan Kabupaten Jember yang APIK (Amazing-Perfect-Interest-Kinetic).

Semoga segala upaya yang telah diusahakan oleh manajemen RSD dr. Soebandi dapat terus diterapkan dan mendapatkan dukungan dari pemerintah maupun masyarakat demi terwujudnya lingkungan rumah sakit yang bersih, indah, dan nyaman.