• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Kamis, 25 Juli 2024 : WIB

penyambutan-tim-rsud-haji-dan-peserta-pelatihan-keperawatan-intensif-dasar-di-rsd-dr-soebandi

13 Jun 2024

PENYAMBUTAN TIM RSUD HAJI DAN PESERTA PELATIHAN KEPERAWATAN INTENSIF DASAR DI RSD dr. SOEBANDI

RSD dr. Soebandi merupakan Rumah Sakit pendidikan milik Pemkab Jember berupaya untuk senantiasa mengembangkan kompetensi tenaga kesehatan tidak hanya yang berada di lingkup RSD dr. Soebandi tetapi juga tenaga kesehatan di Fasilitas Kesehatan lainnya. Sehubungan dengan hal tersebut, RSD dr. Soebandi bekerjasama dengan RSUD Haji Surabaya menyelenggarakan Pelatihan Keperawatan Intensif Dasar (PKID).

Kegiatan yang diikuti oleh 30 peserta yang berprofesi sebagai perawat ini diselenggarakan mulai tanggal 10-15 Juni 2024 yang diikuti peserta secara daring selama 3 hari dan secara luring selama 3 hari. Pada hari Kamis, 13 Juni 2024 pelatihan dilaksanakan secara luring di Aula Masjid Darusy Syifa. dr. Lilik Lailiyah, M.Kes selaku Plt. Direktur RSD dr. Soebandi didampingi oleh ketiga Wakil Direktur, Kabid Diklit, seluruh Tim Panitia dan Fasilitator dari RSD dr Soebandi Jember memberikan sambutan kepada tim fasilitator RSUD Haji Provinsi Jawa Timur dan peserta pelatihan. Dalam kesempatan ini juga dihadiri oleh jajaran pejabat struktural, tim pelatihan RSD dr. Soebandi, fasilitator dari RSUD Haji Provinsi Jawa Timur, dan peserta pelatihan. Suasana tampak akrab, hangat dan penuh kekeluargaan.

Dalam sambutannya, dr. Lilik Lailiyah, M.Kes menyampaikan bahwa Pelatihan PKID adalah kerjasama ke-3 dengan RSUD Haji Provinsi Jawa Timur dimana peserta akan mendapatkan sertifikat dari Kemenkes RI. Beliau menghimbau agar peserta menyimak materi hingga akhir sesi dan mengikuti praktek agar mendapatkan ilmu yang dapat diimplementasikan dalam menjalankan tugas pelayanan sehari - hari. Beliau juga menyampaikan terimakasih kepada RSUD Haji Provinsi Jawa Timur yang telah bersedia berkolaborasi menguatkan RSD dr. Soebandi dalam penyelenggaraan pelatihan ini dan mengapresiasi karena atensi permintaan pelatihan tidak hanya dari Kabupaten Jember namun juga berasal dari Kabupaten lain seperti Ngawi, Mojokerto, Lumajang, Bondowoso, dan Rumah Sakit di sekitar Kabupaten Jember.

Pelayanan keperawatan di ICU merupakan praktik keperawatan profesional berdasarkan kemampuan pengetahuan, hubungan interpersonal antar perawat/ keluarga dan dengan tim kesehatan lainnya, juga keterampilan dalam melakukan tindakan mandiri/ independent, interdependent maupun kolaborasi dengan multidisiplin serta berdasar pada etika profesi. Pelatihan Keperawatan Intensif dasar ini sangat penting, terutama utk meningkatkan kemampuan dalam memberikan pelayanan keperawatan yg baik, aman dan berkualitas. Narasumber yang memberikan materi telah memiliki sertifikat TOT Kemenkes RI. Semoga pelatihan dapat berjalan lancar hingga akhir acara, sehingga peserta mampu melakukan pelayanan keperawatan tingkat dasar pada pasien ICU sesuai dengan prinsip dan standar pelayanan ICU sehingga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.