• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Jumat, 20 September 2024 : WIB

peringatan-maulid-nabi-muhammad-saw-dengan-pembacaan-al-quran-di-masjid-rsd-dr-soebandi-jember

10 Okt 2022

PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW DENGAN PEMBACAAN AL QURAN DI MASJID RSD dr. SOEBANDI JEMBER

Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 12 Rabiul Awal 1444 H, RSD dr. Soebandi menyelenggarakan pembacaan Al Quran di Masjid Darusyifa setelah sholat Jumat tanggal 7 Oktober 2022. Acara ini dilaksanakan bersama-sama oleh para pegawai RSD dr. Soebandi Jember, Takmir Masjid Darusyifa dan keluarga pasien yang hadir di masjid. Pembacaan Al Quran bersa-sama dilakukan secara khidmad dan takjdim diikuti oleh semua peserta. Disediakan konsumsi sederhana sebagai bentuk rasa syukur dan cinta kepada Nabi Muhammad SAW yang diberikan kepada seluruh peserta yang hadir.

Kegiatan ini merupakan salah satu agenda rutin Instalasi Bina Ruhani RSD dr. Soebandi jember yang menjadi wadah dalam kegiatan keagamaan bagi pegawai, pasien dan keluarga pasien. Dengan adanya kegiatan tersebut merupakan slah satu bentuk nyata bahwa RSD dr. Soebandi mengembangkan pelayanan kepada seluruh keluarga besarnya dan juga kepada pasien dan keluarga pasien dalam bentuk asuhan spiritual keagamaan. Selain itu, kegiatan ini juga dapat meningkatkan keharmonisan hubungan kemanuasiaan dan keakraban bagi para pegawai dengan keluarga pasien.

Acara yang diselenggarakan dalam rangka peringatan hari kelahiran NabiMuhammad SAW setiap 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriah ini sudah dilakukan oleh masyarakat sejak tahun kedua Hijriah. Kini, Maulid Nabi menjadi sebuah bentuk penghormatan dan keteladanan Nabi Muhammad melalui berbagai macam kegiatan budaya, ritual, dan keagamaan. Sebagai manusia paling mulia, Nabi Muhammad hidup dengan penuh rintangan bahkan sejak lahir. Dan sebagai umat Nabi Muhammad SAW, umat islam mensyukuri kelahiran nabi Muhammad SAW di tengah-tengah kita dengan memperingati kelahiran beliau dengan membaca Al Quran yang merupakan wahyu dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW untuk dipegang teguh dan dilaksanakan oleh semua umat manusia sebagai rohmatan lil alami atau anugerah kepada segenap umat manusia.