• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Jumat, 20 September 2024 : WIB

program-inovasi-rsd-dr-soebandi-j-cakep-jember-cegah-amankan-kegawatan-medis-penduduk-berkolaborasi-pada-jambore-kader-posyandu-kabupaten-jember

26 Okt 2023

PROGRAM INOVASI RSD dr. SOEBANDI J CAKEP (JEMBER CEGAH AMANKAN KEGAWATAN MEDIS PENDUDUK) BERKOLABORASI PADA JAMBORE KADER POSYANDU KABUPATEN JEMBER

Bertempat di Sekolah Calon Bintara (SECABA) RINDAM V Brawijaya pada hari Kamis tanggal 26 Oktober 2023 dilaksanakan Kegiatan Program Inovasi J - CAKEP yaitu Jember Cegah Amankan Kegawatan Medis Penduduk dalam Acara Jambore Kader Posyandu 2023.

Tim RSD dr. Soebandi memberikan bimbingan teknis tentang prosedur Bantuan Hidup Dasar kepada kader kesehatan apabila terjadi kejadian kegawatan penduduk di sekitarnya. Sasaran sosialisasi J - CAKEP kali ini adalah 250 Kader Kesehatan dari seluruh wilayah Kabupaten Jember. Diharapkan peserta memiliki kemampuan secara mandiri dalam bidang kesehatan khususnya untuk menghadapi kegawatdaruratan medis, sehingga masyarakat dapat mengenal serta melakukan tindakan pertolongan pertama bagi korban bencana, sakit maupun kecelakaan melalui pemberian Bantuan Hidup Dasar dengan baik dan benar.

Pelatihan Bantuan Hidup Dasar yang sekarang merupakan pelatihan gelombang kedua khusus kader Posyandu. Sebelumnya, di tahun 2022 pada kegiatan Jambore Kader Posyandu 2022 telah melatih 200 orang kader kesehatan. Kegiatan ini merupakan wujud nyata dari pelaksanaan visi RSD dr. Soebandi sebagai Rumah Sakit pendidikan unggul dan rujukan nasional yang menjamin mutu dan keselamatan pasien, sehingga sebagai satu-satunya Rumah Sakit Pendidikan Kelas - B di Kabupaten Jember maka sudah semestinya untuk berperan aktif dalam mencerdaskan masyarakat yang ada di Kabupaten Jember. Secara keseluruhan, program J - CAKEP telah melatih 1.131 orang terdiri dari 450 orang kader posyandu, 263 orang pengemudi ambulans desa, 200 orang penyehat tradisional, 200 orang LINMAS, dan 18 orang SATPOL PP.