• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Selasa, 17 September 2024 : WIB

program-inovasi-rsd-dr-soebandi-j-cakep-jember-cegah-amankan-kegawatan-medis-penduduk-pada-sopir-ambulans-kabupaten-jember

9 Mei 2024

PROGRAM INOVASI RSD dr. SOEBANDI J CAKEP (JEMBER CEGAH AMANKAN KEGAWATAN MEDIS PENDUDUK) PADA SOPIR AMBULANS KABUPATEN JEMBER

Bertempat di Aula PB. Sudirman Pemerintah Daerah Kabupaten Jember, pada hari Selasa 27 Februari 2024 RSD dr. Soebandi berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Jember melaksanakan Kegiatan Program Inovasi J - CAKEP (Jember Cegah Amankan Kegawatan Medis Penduduk) dalam giat J-ANDRIKA (Jember Ambulans Driver Pintar dan Beretika). Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 27 sampai dengan 29 Februari 2023.

Tim RSD dr. Soebandi memberikan pembinaan dan pelatihan tentang prosedur BHD (Bantuan Hidup Dasar) kepada sopir ambulans se- Kabupaten Jember apabila terjadi kejadian kegawatan penduduk di sekitarnya. Sasaran sosialisasi J - CAKEP kali ini adalah 329 sopir ambulans dari seluruh wilayah Kabupaten Jember yang terdiri dari sopir ambulans Puskesmas , ambulans Desa, dan ambulans Klinik Rawat Inap. Melalui kegiatan ini diharapkan peserta memiliki kemampuan secara mandiri dalam bidang kesehatan khususnya untuk menghadapi kegawatdaruratan medis, sehingga masyarakat dapat mengenal serta melakukan tindakan pertolongan pertama bagi korban bencana, sakit maupun kecelakaan melalui pemberian Bantuan Hidup Dasar dengan baik dan benar.

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati beserta Wakil Bupati Jember, Dandim 0824 Jember, Plt. Direktur RSD dr. Soebandi Jember, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jember, perwakilan OPD (Organisasi Perangkat Daerah), dan Ketua PPNI (Persatuan Perawat Indonesia) yang diawali dengan sambutan dari Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jember, dr. Hendro Soelistijono, MM. M.Kes yang menyampaikan bahwa supir ambulans merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan di Kabupaten Jember, oleh karena itu harus senantiasa memperhatikan keselamatan pasien, sehingga untuk mewujudkan hal tersebut supir ambulans harus dapat memberikan Bantuan Hidup Dasar bagi yang membutuhkan.

Selanjutnya Ir. H. Hendy Siswanto, ST.IPU.,ASEAN.Eng selaku Bupati Jember membuka acara sekaligus menyampaikan sambutan. Beliau menyampaikan bahwa program inovasi J CAKEP dari RSD dr. Soebandi berkolaborasi dengan J-ANDRIKA dapat meningkatkan mutu pelayanan bagi masyarakat Jember.

Kegiatan ini merupakan wujud nyata dari pelaksanaan visi RSD dr. Soebandi sebagai Rumah Sakit pendidikan unggul dan rujukan nasional yang menjamin mutu dan keselamatan pasien, sehingga sebagai satu - satunya Rumah Sakit Pendidikan Kelas - B di Kabupaten Jember maka sudah semestinya untuk berperan aktif dalam mencerdaskan masyarakat yang ada di Kabupaten Jember. Program inovasi J CAKEP telah berhasil meraih penghargaan sebagai Top Inovasi Terpuji Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik tahun 2023 sehingga RSD dr. Soebandi menerima penghargaan dari Ir. H. Hendy Siswanto, ST.IPU.,ASEAN.Eng selaku Bupati Jember pada tanggal 8 Januari 2024 dalam momen upacara peringatan hari jadi Pemerintah Kabupaten Jember ke - 95 tahun 2024.