• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Jumat, 21 Juni 2024 : WIB

program-inovasi-rsd-dr-soebandi-j-ngepods-cegah-hipertensi-kenali-gejalanya-bagaimana-cara-mengatasinya-dalam-rangka-may-measurement-month-2024

20 Mei 2024

PROGRAM INOVASI RSD dr. SOEBANDI J-NGEPODS "CEGAH HIPERTENSI, KENALI GEJALANYA & BAGAIMANA CARA MENGATASINYA" DALAM RANGKA MAY MEASUREMENT MONTH 2024

       Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyebab kematian dan kesakitan yang tinggi, merupakan pembunuh tersembunyi yang penyebab awalnya tidak diketahui atau tanpa gejala sama sekali. Hipertensi dapat menyebabkan berbagai komplikasi terhadap beberapa penyakit lain, bahkan penyebab timbulnya penyakit jantung, stroke dan ginjal. Dalam rangka memperingati Hari Hipertensi Sedunia diselenggarakan event internasional May Measurement Month, RSD dr. Soebandi pada hari Jumat, 17 Mei 2024 menyelenggarakan kegiatan J-NGEPODS (Jember Nge Podcast) bersama Soebandi Beken Jember Keren dengan judul "Cegah Hipertensi, Kenali Gejalanya & Bagaimana Cara Mengatasinya"

      J-Ngepods merupakan program kontribusi untuk masyarakat Jember dari Rumah Sakit Daerah dr. Soebandi sebagai rumah sakit pendidikan berperan aktif dalam memberikan edukasi kepada masyarakat dan tenaga kesehatan di jejaring Faskes di Jember. Melalui kegiatan podcast ini, kami berharap dapat memberikan informasi yang relevan, cerdas, dan mendalam lewat pandangan para ahli dari rumah sakit kami terhadap berbagai masalah kesehatan.

      Podcast diawali dengan sambutan dari dr. Wiwik Supartiwi, M.Kes selaku Wakil Direktur SDM dan Diklit RSD dr. Soebandi sekaligus membuka acara. Beliau mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam kegiatan podcast serta mengajak pemirsa untuk menyimak penjelasan dari pemateri hingga akhir acara, agar mendapatkan informasi yang tuntas terkait pencegahan hipertensi. Harapannya podcast ini dapat memberikan edukasi kepada masyarakat agar dapat mencegah hipertensi dan mengantisipasi terjadinya dampak yang ditimbulkan di masa yang akan datang. RSD dr. Soebandi telah memiliki layanan jantung terpadu yang dapat mengakomodir pemeriksaan hipertensi.

    Narasumber yang memberikan materi kali ini adalah dr. Dwi Ariyanti, Sp.JP.FIHA (Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Fellow of Indonesian Heart Association) yang merupakan dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dari Rumah Sakit dr. Soebandi Jember dan dipandu oleh host Khoirul Fahri, S. Ked.

     Hipertensi dianggap sebagai salah satu 'silent killer' di dunia. Menurut data Riset Kesehatan Dasar 2018 menunjukkan kasus hipertensi sudah muncul di usia 25 tahun. Pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan pola hidup sehat, salah satunya dengan konsumsi makanan dengan gizi seimbang dan tidak berlebihan.

     Bagi masyarakat yang terlanjur mengidap hipertensi jangan berkecil hati. Lakukan pemeriksaan tekanan darah rutin, terapkan pola hidup sehat, dan jangan ragu untuk rutin memeriksakan diri ke Fasilitas Kesehatan terdekat karena akan ada tatalaksana khusus penanganan pasien hipertensi, dimana tekanan darah pasien akan diturunkan secara bertahap. RSD dr. Soebandi sebagai Rumah Sakit rujukan regional Jawa Timur Bagian Timur telah menyediakan Pelayanan Jantung Terpadu (PJT) yang mengakomodir layanan spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, Jantung Anak, Bedah Thorax Kardiovaskular, dan Rehab Medik. Bagi tenaga kesehatan yang ada di Faskes dimohon untuk menghubungi Hotline Stroke Code RSD dr. Soebandi di nomor 0331 486619 apabila menamui pasien stroke dengan kondisi emergency.

     Semoga informasi dari narasumber yang ahli di bidangnya memberikan pengetahuan yang mampu mengubah pola hidup masyarakat sehingga dapat menurunkan angka kejadian hipertensi dan komplikasi penyertanya.