• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Jumat, 18 Oktober 2024 : WIB

program-inovasi-rsd-dr-soebandi-j-ngepods-kegawatdaruratan-mata-sebagai-sarana-edukasi-bagi-nakes-dan-masyarakat-secara-luas

10 Mei 2024

PROGRAM INOVASI RSD dr. SOEBANDI J-NGEPODS “KEGAWATDARURATAN MATA” SEBAGAI SARANA EDUKASI BAGI NAKES DAN MASYARAKAT SECARA LUAS

Mata merupakan salah satu organ yang penting dalam menjalani kehidupan. Namun masyarakat masih kurang aware mengenai kesehatan mata. Berkaitan dengan hal tersebut RSD dr. Soebandi berupaya untuk berperan aktif dalam memberikan edukasi kepada masyarakat dan tenaga kesehatan di jejaring Faskes di Jember melalui kegiatan podcast zoom J-NGEPODS (Jember Ngepodcast) Bersama Soebandi Beken Jember Keren dengan judulKEGAWATDARURATAN MATA yang berlangsung pada hari ini, Jumat, 3 Mei 2024.

J-Ngepod merupakan program inovasi yang merupakan bentuk kontribusi untuk masyarakat Jember dari RSD dr. soebandi sebagai rumah sakit utama di jejaring fasilitas kesehatan di Jember. Melalui podcast ini, kami berharap dapat memberikan informasi yang relevan, cerdas, dan mendalam lewat pandangan para ahli dari rumah sakit kami terhadap berbagai masalah kesehatan.

Podcast dibuka oleh dr. Lilik Lailiyah, M. Kes, selaku Plt. Direktur RSD dr. Soebandi. Beliau mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam kegiatan podcast serta mengajak pemirsa untuk menyimak penjelasan dari pemateri hingga akhir acara, agar mendapatkan informasi yang tuntas terkait kegawatdaruratan mata. Harapannya melalui podcast ini RSD dr. Soebandi dapat memberikan edukasi dan daya ungkit kepada masyarakat agar dapatmenjaga kesehatan mata.

Narasumber yang memberikan materi kali ini adalah dr. Bimanda Rizki Nurhidayat, M.Ked.Klin., Sp.M yang merupakan dokter Spesialis Mata dari Rumah Sakit dr. Soebandi Jember dan dipandu oleh host Annisa Kalma Athalia, S. Ked.

Terdapat beberapa kondisi yang sering menjadi kasus kegawatdaruratan pada mata yaitu trauma kimia, trauma tembus, benda asing di mata, nyeri akut (glaukoma akut), dan infeksi mata.

Pasien dengan kegawatdaruratan akibat mata terpapar bahan kimia/ trauma kimia yang perlu diperhatikan adalah tanda dan gejalanya untuk menentukan penanganan awal. Terkait pencegahan yang bisa dilakukan adalah berusaha agar terhindar dari trauma kimia mengingat sebenarnya dari lingkungan sekitar kita juga banyak bahan - bahan kimia. Untuk kasus mata yang kelilipan benda asing, dimohon untuk tidak dikucek karena justru akan memperparah keadaan.

Pasien dengan keluhan nyeri secara tiba-tiba pada matanya perlu waspada dan segera melakukan pemeriksaan karena dikhawatirkan mengarah pada kondisi glaukoma akut. Begitu juga kasus infeksi mata tidak boleh dianggap remeh. Masyarakat harus waspada, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke faskes terdekat.