• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Minggu, 8 September 2024 : WIB

program-inovasi-rsd-dr-soebandi-j-ngepods-kenali-sadari-hivaids-dari-rongga-mulut-sebagai-upaya-edukasi-semakin-keren-dengan-sertifikat-bkpsdm

5 Jul 2024

PROGRAM INOVASI RSD dr. SOEBANDI J-NGEPODS “KENALI & SADARI HIV/AIDS DARI RONGGA MULUT” SEBAGAI UPAYA EDUKASI SEMAKIN KEREN DENGAN SERTIFIKAT BKPSDM

Human Immunodeficiency Virus (HIV) merupakan sebuah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Sedangkan Acquired Immunodeficiency Disease Syndrome (AIDS) merupakan kumpulan gejala akibat kekurangan atau kelemahan sistem kekebalan tubuh yang dibentuk setelah kita lahir. Manifestasi oral merupakan indikator klinis awal dan penting dari infeksi HIV. Berkaitan dengan hal tersebut RSD dr. Soebandi berupaya untuk berperan aktif dalam memberikan edukasi kepada masyarakat dan tenaga kesehatan di jejaring Faskes di Jember melalui kegiatan podcast zoom J-NGEPODS (Jember Ngepodcast) Bersama Soebandi Beken Jember Keren dengan judul Kenali dan Sadari HIV /AIDS dari Rongga Mulut yang berlangsung pada hari Jumat, 5 Juli 2024.

 

Podcast diawali dengan sambutan Wakil Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan RSD dr. Soebandi, dr. Anna Widyassari, M.Kes yang mengajak pemirsa untuk menyimak penjelasan dari pemateri hingga akhir acara, agar mendapatkan informasi yang lengkap dan mengupas tuntas terkait kesehatan rongga mulut. Podcast zoom J-NGEPODS merupakan layanan pre hospital yang dipersembahkan oleh RSD dr. Soebandi kepada masyarakat dengan tujuan memberikan informasi dan pengetahuan tentang pengertian, pencegahan, diagnosis, penanganan HIV/AIDS dari rongga mulut sehingga dapat dilakukan secara tepat sasaran dan tepat guna. Beliau juga berterimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung suksesnya podcast kali ini.

 

Narasumber yang memberikan materi adalah drg. Lani Berlina Talahatu, Sp.PM yang merupakan Dokter Gigi Spesialis Penyakit Mulut Rumah Sakit dr. Soebandi Jember dan dipandu oleh moderator Ns. Eka Yufi SC.,S,Kep yang merupakan perawat RSD dr. Soebandi sekaligus Kepala Instalasi Rawat Jalan. Peserta podcast akan mendapatkan sertifikat dari BKPSDM Kabupaten Jember.

 

Siapa pun bisa terinfeksi HIV, termasuk bayi yang lahir dari ibu dengan HIV. Sebab, pada dasarnya penularan HIV dapat terjadi melalui cairan tubuh yang bisa masuk ke dalam tubuh orang lain melalui perilaku seksual yang beresiko, transfusi darah, penggunaan jarum suntik secara bergantian, kehamilan, penggunaan alat- alat yang tidak steril seperti jarum, gunting, dll. HIV tidak menular melalui sentuhan, alat makan, berciuman, gigitan serangga, dan mandi di kolam renang. HIV/AIDS dapat dicegah dengan cara ABCDE (Abstinence, Be Faithfull, Condom, Drug No, Education).

 

Melalui podcast ini semoga RSD dr. Soebandi dapat memberikan edukasi dan daya ungkit kepada masyarakat agar menerapkan pola hidup sehat. Segera periksakan diri ke Dokter Gigi/ Dokter Gigi Spesialis Penyakit Mulut apabila mengalami gejala, pemberian terapi sesuai instruksi Dokter, pemakaian ARV secara rutin dan tidak terputus, serta menjaga kebersihan rongga mulut.Semoga podcast ini juga menambah wawasan tenaga kesehatan di seluruh Fasilitas Kesehatan se-Kabupaten Jember untuk dapat saling berkoordinasi dalam penatalaksanaan pasien HIV/AIDS sebagai kontribusi peningkatan mutu pelayanan kesehatan di Kabupaten Jember.