• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Kamis, 19 September 2024 : WIB

rakor-penyusunan-rencana-bisnis-dan-anggaran-rsd-dr-soebandi-blud-tahun-2024-berdasarkan-10-layanan-prioritas-kemenkes-evaluasi-kinerja-2023

19 Des 2023

RAKOR PENYUSUNAN RENCANA BISNIS DAN ANGGARAN RSD dr. SOEBANDI (BLUD) TAHUN 2024 BERDASARKAN 10 LAYANAN PRIORITAS KEMENKES & EVALUASI KINERJA 2023

RSD dr. Soebandi Jember merupakan sebuah rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten Jember yang berbentuk Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dan memiliki tugas memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kabupaten Jember dan sekitarnya. Direktur RSD dr Soebandi, dr. Lilik Lailiyah M.Kes menyampaikan bahwa sebagai sarana pelayanan publik di bidang kesehatan yang sangat dibutuhkan masyarakat, RSD dr. Soebandi dituntut untuk selalu mengembangkan pelayanannya dan mampu memberikan pelayanan kesehatan sesuai kebutuhan dan harapan masyarakat. Sehingga sangat penting bagi RSD dr. Soebandi Jember sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) untuk membangun kemandirian dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangannya. Untuk mewujudkan hal tersebut maka RSD dr. Soebandi perlu menyusun dokumen Rencana Bisnis dan Anggaran yang berkelanjutan setiap tahunnya untuk mendukung peningkatan pelayanan rumah sakit kepada masyarakat dengan menerapkan prinsip efektifitas dan efisiensi.

Dalam rangka mewujudkan upaya tersebut, maka RSD dr. Soebandi menyelenggarakan Rapat Koordinasi Penyusunan Rencana Bisnis dan Anggaran sebagai Badan Layanan Umum Daerah milik Pemerintah Kabupaten Jember Tahun 2024, demi mewujudkan program dan kegiatan yang bersinergi dengan 10 Program Layanan Prioritas Kementerian Kesehatan sehingga dapat mencapai tujuan dan sasaran pembangunan kesehatan di Kabupaten Jember sesuai dengan Visi Misi Bupati Jember yang ke-5 yaitu Peningkatan Pelayanan Dasar berupa Kesehatan dan Pendidikan Dasar berupa Pendidikan dan Kesehatan dengan sistem yang terintegrasi. Rapat koordinasi ini diselenggarakan selama 3 (tiga) hari di Royal Ambarukmo Hotel Jogjakarta dan diikuti oleh 32 orang yang terdiri dari jajaran manajemen dan para ketua komite di RSD dr. Soebandi Jember. Selain itu juga disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Sekretaris Daerah Kabupaten Jember dan Bapak Bupati Jember Ir. Hendy Siswanto ST.,IPU, ASEAN Eng. Kegiatan ini bertujuan untuk menyusun rencana pengembangan pelayanan 10 layanan prioritas dan peningkatan kelas RSD dr Soebandi sebagai rumah sakit referensi di Jawa Timur bagian timur, menyusun Rencana Bisnis dan Anggaran Tahun 2024, persiapan RSD dr Soebandi menghadapi tantangan ke depan, melakukan advokasi dan dukungan pemangku kepentingan , melakukan evaluasi kinerja tahun 2023 dan menggalang kebersamaan serta menyatukan komitmen.

Dalam Berbagai Macamnya Bupati Jember, Ir. Hendy Siswanto ST.IPU., ASEAN, Eng, mengatakan bahwa rapat koordinasi ini sangat penting demi pengembangan RSD dr. Soebandi sebagai rumah sakit daerah milik Pemerintah Kabupaten Jember. Bupati Jember sangat mendukung proses perencanaan pembangunan rumah sakit yang dilakukan secara berkesinambungan yang telah dilakukan oleh dr. Lilik Lailiyah M.Kes selaku Direktur RSD dr. Soebandi Jember serta berharap dengan dilakukannya proses pengembangan rumah sakit dan terlaksananya rapat rencana koordinasi penyusunan bisnis dan anggaran badan layanan umum daerah rumah sakit daerah milik Pemerintah Kabupaten Jember seperti ini, maka RSD dr. Soebandi semakin mampu memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat Kabupaten Jember dan beberapa Kabupaten di Provinsi Jawa Timur serta dapat mempermudah akses pelayanan kesehatan sesuai kebutuhan masyarakat yang semakin beragam. Karena selain sebagai rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten Jember, RSD dr. Soebandi Jember juga merupakan rumah sakit rujukan di Provinsi Jawa Timur di bagian timur yang mengampu rujukan dari Kabupaten Jember, Lumajang, Probolinggo, Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi.

Penyusunan Rencana Bisnis dan Anggaran Rumah Sakit ini sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 92/PMK.05/2011 tentang Rencana Bisnis dan Anggaran serta Pelaksanaan Anggaran Badan Layanan Umum Daerah, sehingga seharusnya sudah dilaksanakan. Dengan adanya RSD dr. Soebandi Jember yang semakin berkembang, maka masyarakat Jember akan mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai dengan kondisi saat ini. Terutama dalam mengatasi isu-isu strategi bidang kesehatan di Kabupaten Jember saat ini, yaitu tingginya angka kematian ibu, bayi dan stunting yang menjadi tanggung jawab kita bersama. Selain itu, keberadaan rumah sakit yang semakin berkembang di Kabupaten Jember tentunya akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Jember. Rumah sakit pemerintah akan bersaing secara sehat dengan rumah sakit di sekitarnya sehingga semakin meningkatkan pelayanan dan fasilitas secara bertahap. Hal itu sesuai dengan program pengembangan layanan prioritas Kementerian Kesehatan yang membagi strata rumah sakit dalam strata dasar, madya, utama dan paripurna.

Pengembangan layanan kesehatan memang sudah sepatutnya terus dikembangkan seiring dengan peningkatan jumlah penduduk sehingga selaras dengan kebutuhan masyarakat. Direktur RSD dr. Soebandi Jember beserta Jajaran manajemen serta Para Komite di RSD dr. Soebandi telah menyusun langkah-langkah yang diperlukan dalam mencapai tujuan pembangunan kesehatan yang berkelanjutan. Rapat koordinasi Penyusunan Rencana Bisnis dan Anggaran RSD dr. Soebandi Jember sebagai Badan Layanan Umum Daerah Rumah Sakit Daerah milik Pemerintah Kabupaten Jember ini bertujuan untuk menajamkan arah pengembangan rumah sakit sesuai dengan Program Layanan Prioritas Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dimana RSD dr Soebandi telah ditunjuk sebagai pengampu layanan untuk 8 Program Layanan Prioritas yaitu Jantung, Kanker , Stroke, Uronefrologi, Ibu Neonatal, Diabetes Milletus, TBC dan Jiwa. Target kinerja dan anggaran RSD dr. Soebandi Jember yang tersedia diharapkan dapat mendukung dalam mencapai visi dan misi RSD dr Soebandi yaitu menjadi rumah sakit pendidikan unggul dan rumah sakit rujukan nasional yang menjamin saling dan keselamatan pasien. Sehingga dapat terwujudnya pembangunan manusia khususnya dalam urusan kesehatan bagi masyarakat Jember dan sekitarnya.

Selain itu, dalam pertemuan ini juga dilaksanakan Evaluasi Kinerja Tahun 2023 sebagai bahan monitoring dan evaluasi kinerja RSD dr. Soebandi guna meningkatkan kinerja di tahun 2024. Hal tersebut sangat penting sehingga segala rencana kerja yang belum terwujud pada tahun 2023 dapat dilanjutkan pada tahun 2024 dan juga disesuaikan dengan kebutuhan serta perencanaan sesuai kondisi terkini di tahun 2024. Rapat koordinasi ini juga bermanfaat untuk membentuk tim sarana bangunan antar bagian bidang di RSD dr. Soebandi Jember beserta Para Komite, sehingga terjalin kerjasama yang baik dan terjalin sinergitas dalam meningkatkan kerja sama tim guna memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat untuk meningkatkan derajat pembangunan kesehatan masyarakat.