• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Jumat, 20 September 2024 : WIB

rapat-koordinasi-pengembangan-rekam-medik-elektronik-rsd-dr-soebandi

24 Jan 2023

RAPAT KOORDINASI PENGEMBANGAN REKAM MEDIK ELEKTRONIK RSD dr. SOEBANDI

Pada hari Rabu, tanggal 24 Januari 2023, jam 10.00 WIB, di Lobby Direksi RSD dr. Soebandi dilaksanakan rapat koordinasi pengembangan rekam medik elektronik. RSD dr. Soebandi saat ini tengah mengembangkan rekam medik elektronik dan telah menyelenggarakan sosialisasi serta on job training rekam medik elekteonik di Instalasi Gawat Darurat yaitu pada tanggal 21-23 Desember 2022. Dan untuk menindaklanjuti On Job Training tersebut dilakukan rapat koordinasi untuk segera mewujudkan implementasi Rekam Medis Elektronik dalam pelayanan pasien. Rekam medik elektronik yang berisi identitas, pemeriksaan, pengobatan dan tindakan medis lainnya merupakan dokumen yang sangat penting karena berkas tersebut berisi catatan lengkap serta identitas pasien, seperti identitas pasien, informasi klinis, riwayat medis, transfer rekam medis, rujukan dan masih banyak lagi informasi lainnya. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, rekam medis konvensional yang berupa kertas, kini sudah tersedia dalam rekam medik elektronik yang menghadirkan beragam fitur dan kemudahan.

Rekam Medis Elektronik tersebut menggunakan sistem elektronik. Sistem ini menjadi gudang penyimpanan informasi secara elektronik yang berisi status kesehatan dan layanan kesehatan yang diperoleh pasien sepanjang hidupnya. Sistem digital ini tentunya akan membantu staf, dokter dan tenaga kesehatan untuk mengelola data pasien lebih mudah. Selain itu, pasien juga dapat mengakses data kesehatan mereka, sehingga ketika dibutuhkan, pasien tidak perlu bingung meminta data fisik atau memberikan riwayat kesehatan lagi. Selain kemudahan tersebut, banyak manfaat yang bisa kita rasakan dengan penggunaan rekam medis elektronik. Kemudahan dan manfaat ini tidak hanya bisa dirasakan oleh staf dan tenaga medis, tapi juga dapat dirasakan oleh pasien.

Berikut manfaat penggunaan Rekam Medik Elektronik, yaitu :

1. Efisien dan tidak menghabiskan banyak tempat

2. Praktis bagi Pasien dan Rumah Sakit

3. Mempercepat pelayanan

4. Semua tulisan jelas terbaca

5. Pencarian data lebih mudah

6. Tidak ada kesalahan letak dokumen

7. Keamanan dokumen rekam medis

Dengan banyaknya manfaat tersebut, maka Direktur RSD dr. Soebandi mendukung tim pengembang rekam medik elektronik untuk segera mewujudkan kehadiran rekam medis elektronik bagi pasien di RSD dr. Soebandi Jember agar dapat memberikan pelayanan kesehatan dengan lebih efektif, efisien dan berkualitas. Tim pengembang rekam medik elektronik RSD dr. Soebandi yang merupakan pegawai RSD dr. Soebandi, terdiri dari tim IT dari Instalasi Pengolah Data Elektronik, tim Rekam Medik dan beberapa kelompok kerja dari masing-masing unit dan didukung oleh Sub Koordinator, Komite Rekam Medik dan Manajemen RSD dr Soebandi. Sehingga pengembangan rekam medik elektronik di RSD dr. Soebandi ini betul-betul dikembangkan oleh Tim RSD dr. Soebandi Jember.