• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Jumat, 20 September 2024 : WIB

rsd-dr-soebandi-bekerja-sama-dengan-satpol-pp-menyelenggarakan-program-inovasi-j-cakep-di-camping-ground-rembangan

19 Okt 2023

RSD dr. SOEBANDI BEKERJA SAMA DENGAN SATPOL PP MENYELENGGARAKAN PROGRAM INOVASI J-CAKEP DI CAMPING GROUND REMBANGAN

Pada hari Kamis, 19 Oktober 2023, RSD dr. Soebandi berkolaborasi dengan SATPOL PP (Satuan Polisi Pamong Praja) menyelenggarakan kegiatan program inovasi J-CAKEP (Jember Cegah Amankan Kegawatan Medis Penduduk). TIM BHD (Bantuan Hidup Dasar) RSD dr. Soebandi melatih 18 orang anggota LINMAS. Kegiatan yang dilaksanakan di Camping Ground Rembangan Jember ini dilatarbelakangi oleh semakin banyaknya kejadian kasus henti jantung dan henti nafas mendadak yang dapat dialami oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun.

Agar masyarakat semakin mandiri dalam bidang kesehatan khususnya dalam menghadapi kegawatdaruratan medis, maka perlu ditingkatkan pengetahuan dan kemampuannya melalui suatu bentuk pelatihan berupa pelatihan Bantuan Hidup Dasar Bagi Masyarakat Awam agar dapat diperoleh sumber daya manusia yang profesional dan terampil sehingga masyarakat dapat mengenal serta melakukan tindakan pertolongan bagi korban bencana, sakit, maupun kecelakaan melalui pemberian Bantuan Hidup Dasar dengan baik dan benar.

Sebelumnya, RSD dr. Soebandi juga telah memberikan pelatihan serupa kepada 100 orang LINMAS se- Kecamatan Sukorambi dalam rangka kegiatan TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) di Desa Klungkung Kecamatan Sukorambi. Dengan mendapatkan pelatihan ini, para anggota LINMAS diharapkan dapat memberikan pertolongan pertama untuk mencegah kematian akibat henti jantung mendadak yang terjadi di luar rumah sakit, karena korban henti jantung selama ini sering ditemukan oleh masyarakat umum. Mereka yang menemui kejadian ini sangat menentukan keberhasilan survival korban henti jantung di luar Rumah Sakit. Kegiatan J - CAKEP (Jember Cegah Amankan Kegawatan Medis Penduduk) ini merupakan program inovasi RSD dr. Soebandi yang bertujuan agar masyarakat memiliki kemampuan untuk memberikan pertolongan bantuan hidup dasar apabila terjadi kegawatdaruratan dalam kegiatan sehari-hari.

Kegiatan ini merupakan wujud nyata dari visi RSD dr. Soebandi sebagai rumah sakit pendidikan unggul dan rujukan nasional yang menjamin mutu dan keselamatan pasien, sehingga sebagai satu-satunya Rumah Sakit Pendidikan Kelas-B di Kabupaten Jember maka sudah semestinya untuk berperan aktif dalam mencerdaskan masyarakat yang ada di Kabupaten Jember. Semoga program J- CAKEP dapat memberikan manfaat bagi masyarakat mengingat kematian akibat henti jantung mendadak, paling sering terjadi di luar rumah sakit dan mereka yang menemukan memiliki peran besar dalam menentukan keberhasilan survival korban henti jantung.