• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Jumat, 20 September 2024 : WIB

rsd-dr-soebandi-bekerjasama-dengan-ksm-thtbkl-dan-komda-pgpkt-jember-menyelenggarakan-baksos-penyuluhan-dan-bersih-bersih-telinga-pada-lansia

23 Okt 2023

RSD dr. SOEBANDI BEKERJASAMA DENGAN KSM THTBKL DAN KOMDA PGPKT JEMBER MENYELENGGARAKAN BAKSOS PENYULUHAN DAN BERSIH- BERSIH TELINGA PADA LANSIA

Pada hari Sabtu, 21 Oktober 2023 bertempat di ruangan Aula Masjid Darusy Syifa RSD dr. Soebandi, terlihat suasana yang berbeda dalam acara pertemuan paguyuban pensiunan RSD dr. Soebandi. Kali ini KSM THTBKL (Kelompok Staf Medis Telinga Hidung Tenggorokan Bedah Kepala Leher) RSD dr. Soebandi dan Komisi Daerah Penanggulangan Gangguan Pendengaran dan Ketulian (KOMDA PGPKT) Kabupaten Jember melakukan kegiatan "Bakti Sosial Penyuluhan Kesehatan dan Bersih - Bersih Telinga pada Lansia" dalam rangka Hari Ulang Tahun Perhimpunan Ahli THT Bedah Kepala Leher Indonesia (PERHATI-KL) 28 Oktober 2023.

Lansia merupakan kelompok usia yang rentan mengalami gangguan pendengaran karena seiring dengan penambahan usia sering disertai perubahan dan penurunan fungsi tubuh, salah satunya indera pendengaran. Kemampuan mendengar sangat berkaitan dengan hubungan sosial. Apabila seseorang tidak dapat mendengar dengan normal maka sosialisasi akan berjalan tidak baik dan hubungan sosial tentu akan menjadi buruk. Oleh karena itu RSD dr. Soebandi bekerjasama dengan KSM THTBKL RSD dr. Soebandi dan KOMDA PGPKT Kab. Jember memberikan penyuluhan kesehatan kepada karyawan RSD dr. Soebandi yang telah memasuki masa purna tugas.

Direktur RSD dr. Soebandi, dr. Lilik Lailiyah, M.Kes menyampaikan agar para peserta yang merupakan kelompok usia lansia sebaiknya memanfaatkan kegiatan pertemuan paguyuban pensiunan yang rutin diselenggarakan setiap 2 bulan dengan sebaik - baiknya agar terhindar dari alzeimer - pikun. Selain itu beliau juga menyampaikan terimakasih atas kesediaan KSM THTBKL RSD dr. Soebandi dan KOMDA PGPKT Jember yang telah memberikan penyuluhan, pemeriksaan, dan tindakan pembersihan telinga.

dr. Maria Kwarditawati, Sp. THTBKL selaku penanggung jawab kegiatan berpesan kepada para lansia agar membersihkan telinga ke dokter spesialis THT-BKL rutin setiap 6 bulan sekali dan mempersilahkan anggota paguyuban pensiunan untuk datang ke klinik spesialis THT RSD dr. Soebandi untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Dalam kesempatan ini dr. Yohanes Sudarmanto, M. Med. Ed.,Sp.THTBKL menyampaikan materi penyuluhan yang berjudul Kesehatan THT-KL Pada Lansia dan dilanjutkan tanya jawab. 100 orang peserta paguyuban pensiunan RSD dr. Soebandi terlihat begitu antusias menyimak penjelasan dari narasumber. Kegiatan dilanjutkan dengan layanan Bersih- bersih telinga kepada 39 peserta yang dilakukan oleh: dr. Djoko Kuntoro, SpTHTBKL ; dr. Maria Kwarditawati, SpTHTBKL ; dr. Rini Widyastuti, SpTHTBKL ; dr. Nindya Shinta, SpTHTBKL ; dr. Denny Rizaldi, SpTHTBKL ; dan dr. Yohanes Sudarmanto, M. Med. Ed.,Sp.THTBKL.

Semoga melalui kegiatan ini dapat memberikan manfaat, dan yang terpenting adalah para lansia menyadari akan pentingnya melakukan pemeriksaan berkala untuk menjaga kesehatan telinga, jangan menunggu timbul keluhan.