• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Jumat, 20 September 2024 : WIB

rsd-dr-soebandi-berkolaborasi-dengan-dinkes-jember-kodim-0824-dan-puskesmas-sukorambi-menyelenggarakan-program-inovasi-j-pelak-di-desa-klungkung

3 Agt 2023

RSD dr. SOEBANDI BERKOLABORASI DENGAN DINKES JEMBER, KODIM 0824, DAN PUSKESMAS SUKORAMBI MENYELENGGARAKAN PROGRAM INOVASI J - PELAK DI DESA KLUNGKUNG

Pada hari Kamis, 3 Agustus 2023 dalam rangka mendukung kegiatan TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ke - 117 di Desa Klungkung Kecamatan Sukorambi, RSD dr. Soebandi berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Jember, KODIM 0824, dan Puskesmas Sukorambi menyelenggarakan kegiatan program inovasi J PELAK (Jember Pendampingan Eliminasi Laju Angka Kematian). Tim RSD dr. Soebandi yang hadir di Desa Klungkung Sukorambi terdiri dari dr. Yonas Hadisubroto, Sp. OG yang merupakan dokter spesialis obgyn, 3 orang bidan, dan 2 orang peserta didik dokter muda.

Dalam kegiatan ini tim J PELAK RSD dr. Soebandi memberikan layanan pemeriksaan kepada sejumlah 25 orang ibu hamil di Pustu Desa Klungkung Sukorambi. Pemeriksaan dilakukan oleh dokter spesialis obstetri dan gynekologi. Setelah dilakukan pemeriksaan, ibu hamil yang memiliki resiko tinggi akan dirujuk ke fasilitas kesehatan yang lebih tinggi untuk mendapatkan pelayanan selanjutnya yang lebih lengkap.

Kehamilan resiko tinggi yang tidak terkontrol dapat menyebabkan terjadinya bahaya dan komplikasi yang lebih besar baik pada ibu maupun janin dalam kandungan yang dapat menyebabkan kecacatan bahkan kematian. Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan deteksi dini resiko tinggi pada ibu hamil sebagai wujud komitmen RSD dr. Soebandi untuk menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) khususnya di Kabupaten Jember.