• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Sabtu, 21 September 2024 : WIB

rsd-dr-soebandi-berkoordinasi-dengan-kementerian-kesehatan-dalam-tindak-lanjut-layanan-prioritas-jantung-stroke-kanker-dan-uro-nefro

22 Mei 2022

RSD dr. SOEBANDI BERKOORDINASI DENGAN KEMENTERIAN KESEHATAN DALAM TINDAK LANJUT LAYANAN PRIORITAS JANTUNG, STROKE, KANKER DAN URO-NEFRO

Pada tanggal 21 Mei 2022, RSD dr. Soebandi melaksanakan rapat koordinasi tindak lanjut layanan prioritas rumah sakit rujukan jantung, stroke, kanker dan uro-nefro secara daring bersama Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Rapat koordinasi tersebut merupakan tindak lanjut dari komitmen RSD dr. Soebandi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di Kabupaten Jember dan Jawa-Timur, sebagai Rumah Sakit Rujukan yang memiliki sarana prasarana yang memadai. RSD dr. Soebandi mengusulkan berbagai alat kesehatan canggih untuk menunjang pelayanan jantung, stroke, kanker dan uro-nefro kepada Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk menunjang kelancaran pelayanan kesehatan yang dibutuhkan masyarakat.

Perlu kita ketahui bahwa penderita penyakit jantung, stroke, kanker dan uro-nefro semakin lama semakin tinggi dan menjadi 10 penyakit terbanyak dalam kunjungan di RSD dr. Soebandi dan begitu juga pada rumah sakit-rumah sakit lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat semakin membutuhkan sebuah rumah sakit milik pemerintah yang memiliki berbagai alat-kesehatan canggih dan bisa memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat sebagai rumah sakit rujukan, dan RSD dr. Soebandi berusaha untuk memenuhi kebutuhan masyarakat itu.

Berbagai alat canggih telah diusulkan kepada Kementerian Kesehatan untuk ditambahkan di RSD dr. Soebandi Jember, seperti MRI, CT Scan, ESWL dan lain sebagainya. CT-SCAN atau Computerized Tomografi Scanner adalah mesin sinar-x khusus yang mengirimkan berbagai berkas pencitraan secara bersamaan dari sudut yang berbeda, yang jauh lebih rinci daripada sinar-x biasa. CT-Scan memungkinkan dokter untuk memeriksa bagian dalam tubuh tanpa harus mengoperasi. Pemindai ini sangat baik pada pengujian untuk perdarahan otak, untuk aneurisma (ketika dinding arteri membengkak), tumor otak dan kerusakan otak, abses, seluruh bagian tubuh, penyakit paru-paru, luka di dalam limpa, ginjal atau hati, atau cedera tulang, terutama tulang belakang. Sedangkan MRI atau Magnetic Resonance Imaging adalah sebuah alat yang digunakan untuk memeriksa bagian dalam tubuh manusia yang jauh lebih aman dan memberi rasa nyaman pada pasien dibandingkan alat lainnya karena MRI tidak menggunakan sinar-X sehingga tidak menghasilkan efek radiasi kepada keluarga pasien yang menemani, dan aman pula bagi anak-anak. Dan ESWL atau Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy yaitu teknik pengobatan penyakit batu ginjal baik yang berada di ginjal maupun di ureter yang tidak membutuhkan pembedahan. Dalam metode EWSL, dokter memanfaatkan gelombang kejut berenergi tinggi untuk memecahkan batu ginjal menjadi serpihan sekecil butiran pasir.

Dengan adanya ketiga alat canggih tersebut RSD dr. Soebandi dapat semakin optimal. Usulan berbagai alat kesehatan tersebut dapat semakin menunjang RSD dr. Soebandi sebagai Rumah Sakit Rujukan Jantung, Stroke, Kanker, Saraf dan Uro-Neurographi. Hal itu sesuai dengan VISI RSD dr. Soebandi untuk menjadi rumah sakit pendidikan unggul dan rujukan nasional yang menjamin mutu serta keselamatan pasien, dengan misi pertama-nya yaitu menyediakan sumber daya pendidikan dan pelayanan unggul.