• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Jumat, 20 September 2024 : WIB

rsd-dr-soebandi-berperan-aktif-dalam-penyelenggaraan-webinar-series-asn-jember-ayo-ngopi

15 Nov 2023

RSD dr. SOEBANDI BERPERAN AKTIF DALAM PENYELENGGARAAN WEBINAR SERIES ASN JEMBER AYO NGOPI

Pada hari Rabu, 15 November 2023 pukul 09.00 WIB telah diselenggarakan Webinar Series ASN Jember Ayo Ngopi (NGembanO komPetensI) dengan judul Kesehatan Mental Bagi ASN untuk Peningkatan Kinerja dan Pelayanan Kualitas Pelayanan Publik. Webinar yang ditayangkan melalui zoom meeting dan live streaming youtube ini diikuti oleh seluruh ASN dan Non ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jember.

Acara diawali dengan sambutan Plt. Direktur RSD dr. Soebandi, dr. Lilik Lailiyah, M.Kes yang mensosialisasikan kembali makna ASN BERAKHLAK dan memotivasi peserta untuk mengikuti acara hingga selesai. Beliau juga menyampaikan bahwa selain memberikan layanan kesehatan jasmani, RSD dr. Soebandi juga memberikan layanan kesehatan jiwa yang didukung oleh tenaga dokter spesialis kejiwaan yang ahli di bidangnya. Webinar ini terselenggara dengan adanya kolaborasi RSD dr. Soebandi, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPKSDM), Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO), Dinas Kesehatan (DINKES) Kabupaten Jember, dan Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Jember. Webinar Kesehatan Mental Bagi ASN untuk Peningkatan Kinerja dan Pelayanan Kualitas Pelayanan Publik merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-59 HUT RSD dr. Soebandi ke-49 tahun 2023.

Acara dipandu oleh Ns. Eka Yufi Septriana Candra, S.Kep selaku Ka. Instalasi Rawat Jalan dan Penanggung Jawab Manajemen Risiko Mutu RSD dr. Soebandi dan moderator yang bertugas Trialovena Firizbrilian P., S.Psi yang merupakan Psikolog Klinis Ahli Pertama RSD dr. Soebandi.

Narasumber yang mengawali pemberian materi adalah dr. Hendro Soelistijono, M.M, M.Kes selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jember yang menyampaikan Upaya Pelayanan Kesehatan Jiwa di Kabupaten Jember dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pemenuhan hak kesehatan jiwa.

Selanjutnya dr. Justina Evy, Sp .KJ yang merupakan dokter spesialis Kesehatan Jiwa RSD dr. Soebandi menyampaikan materi tentang masalah stress, gangguan jiwa dan kejiwaan, kesehatan jiwa di tempat kerja, serta cara mencegah stress di tempat kerja. Banyak tips dan cara acara praktis yang mudah diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari salah satunya adalah dengan melakukan outbond, wisata dalam kota dan olahraga. Beliau berpesan kepada seluruh ASN Jember agar tidak malu untuk mencari bantuan professional apabila membutuhkan pertolongan lebih komperhensif.

Narasumber ketiga adalah Siti NurAini,S.Psi M.Si selaku Kepala Lembaga Pengembangan SDM dan Hukum Universitas Muhammadiyah Jember yang menyampaikan materi Jiwa Sehat Kinerja Hebat.beliau menyampaikan banyak faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan mental seperti suport lingkungan kerja dan beban kerja yang apabila tidak teratasi dengan baik dapat menimbulkan burnout atau stress kerja.

Peserta webinar antusias menyimak materi. Acara semakin menarik dengan pembagian doorprise berupa mini gold yang telah disiapkan oleh RSD dr. Soebandi, dimana pemenangnya adalah: Ibu Novi dari SMP Arjasa yang mendapatkan hadiah utama, Ibu Yuniar dari BKPSDM, Bapak Mustakim dari RSD dr. Soebandi, Bapak Ahmad Syaifudin Hanum dari Kelurahan Bintoro, dan Bapak Edi dari Kecamatan Jelbuk.

Semoga dengan adanya webinar ini peserta dapat memahami gejala stress dan yang terpenting adalah memahami tips dan cara yang praktis yang bisa dilakukan untuk senantiasa menjaga kesehatan mental diri. Sebagai ASN Kabupaten Jember yang merupakan garda terdepan dalam melayani masyarakat, diharapkan tidak hanya sehat secara fisik tetapi juga secara mental, karena kesehatan mental dapat mempengaruhi kinerja dan profesionalitas dalam memberikan pelayanan.