• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Sabtu, 21 September 2024 : WIB

rsd-dr-soebandi-bersinergi-dan-berkolaborasi-dengan-bkkbn-dan-dp3akb-dalam-rencana-kegiatan-bantuan-sosial-operasi-mow

20 Mei 2022

RSD dr. SOEBANDI BERSINERGI DAN BERKOLABORASI DENGAN BKKBN DAN DP3AKB DALAM RENCANA KEGIATAN BANTUAN SOSIAL OPERASI MOW

Pada tanggal 19 Mei 2022, RSD dr. Soebandi bekerjasama dengan BKKBN Provinsi Jawa Timur dan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Jember untuk merencanakan kegiatan Bantuan Sosial Operasi MOW Gratis bagi masyarakat Jember. Hal ini merupakan wujud sinergi dan kolaborasi RSD dr. Soebandi dengan lintas sektoral dalam akselerasi penurunan angka kematian ibu di Kabupaten Jember yang meningkat tajam dari 61 kematian pada tahun 2020 menjadi 115 kematian pada tahun 2021. Beberapa penyebab meningkatnya angka kematian ibu tersebut adalah kegagalan alat kontrasepsi, usia ibu hamil yang terlalu tua dan kehamilan resiko tinggi di Kabupaten Jember.

Upaya penurunan angka kematian ibu serta peningkatan derajat kesehatan ibu merupakan salah satu prioritas utama dalam penanganan bidang kesehatan. Salah satu program untuk menurunkan angka kematian ibu dan menekan angka pertumbuhan penduduk yakni melalui program keluarga berencana. Program keluarga berencana yang cukup efektif dan efisien adalah tindakan medik operatif wanita, yang merupakan kontrasepsi mantap yang lazim dikenal masyarakat dengan steril.

Sterilisasi ini dilaksanakan dengan anastesi dan harus dirawat di rumah sakit. Sterilisasi ini sangat efektif, tidak mempengaruhi proses menyusui, tidak menghambat hubungan suami istri, dan tergolong paling aman bagi klien yang beresiko mengalami kehamilan resiko tinggi.

Program MOW ini dipilih bagi pasangan yang sudah mantap tak ingin punya anak lagi karena merupakan kontrasepsi yang permanen. Meskipun saluran telur yang tadinya dipotong atau diikat dapat disambung kembali, namun tingkat keberhasilan untuk hamil lagi sangat kecil. Sehingga metode ini dianggap efektif dalam akselerasi penurunan angka kematian ibu.

Kerjasama RSD dr. Soebandi dengan Tim BKKBN Provinsi Jawa Timur dan DP3AKB dalam bantuan sosial operasi MOW ini merupakan bentuk sinergi dan kolaborasi lintas sektor dalam melayani masyarakat Jember. Dalam kegiatan ini penjaringan dan skrining sasaran akan melibatkan petugas lapangan keluarga berencana (PLKB) di wilayah kerja Kabupaten Jember. Kemudian tindakan medik operatifnya akan dilaksanakan di RSD dr. Soebandi. Hal tersebut merupakan wujud nyata RSD dr. Soebandi dalam akselerasi penurunan angka kematian ibu dan peningkatan derajat kesehatan perempuan di Kabupaten Jember.