• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Sabtu, 21 September 2024 : WIB

rsd-dr-soebandi-melaksanakan-bimbingan-akreditasi-kepada-semua-pokja-akreditasi-sesuai-standart-kemenkes-ri-tahun-2022

18 Jun 2022

RSD dr. SOEBANDI MELAKSANAKAN BIMBINGAN AKREDITASI KEPADA SEMUA POKJA AKREDITASI SESUAI STANDART KEMENKES RI TAHUN 2022

Kementerian Kesehatan telah menetapkan Standart Akreditasi Rumah Sakit yang mengalami transformasi dan perubahan pada beberapa standart dan elemen penilaian pada bulan Mei 2022. RSD dr. Soebandi sebagai rumah sakit yang terakreditasi secara Paripurna telah melakukan tindak lanjut terhadap standart akreditasi kementerian kesehatan tahun 2022 tersebut dengan membentuk Tim Akreditasi dan kelompok Kerja (Pokja) dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan di RSD dr. Soebandi Jember dan menjamin keselamatan pasien sehingga tercapai tata kelola rumah sakit dan tata kelola klinis yang baik dengan melaksanakan kick off akreditasi rumah sakit dengan penandatangan komitmen akreditasi oleh seluruh Civitas Hospitalia RSD dr. Soebandi Jember pada tanggal 30 Mei 2022. Dan sejak tanggal 13-17 Juni 2022, RSD dr. Soebandi telah melaksanakan bimbingan akreditasi kepada semua kelompok kerja akreditasi sesuai standart Kementerian Kesehatan RI tahun 2022.

Bimbingan akreditasi RSD dr.Soebandi dilakukan oleh 5 (lima) surveior internal RSD dr. Soebandi yang telah tersertifikasi oleh Kemenkes RI yaitu dr. Hendro Soelistijono, MM.,M.Kes, dr. Arief Setiyoargo, SH, MH, M.Kes, dr. Nurullah Hidajahningtyas MM, dr. Suparno Adi Santika, Sp.An.KIC.MH, dan Ners Shodiqin, S.Kep, Sp.KMB, yang telah melakukan bimbingan kepada semua kelompok kerja akreditasi di RSD dr. Soebandi Jember. Para surveior akreditasi telah mengikuti ujian secara nasional sehingga sudah dinyatakan kompeten sebagai seorang surveior nasional.

Tim induk akreditasi RSD dr. Soebandi telah menjadwalkan bimbingan kepada semua Pokja Akreditasi yang telah ditunjuk oleh Direktur. Pada hari Senin, tanggal 13 Juni 2022, telah dilaksakan bimbingan akreditasi kepada Pokja HPK. Pada hari Selasa, tanggal 14 Juni 2022 telah dilaksanakan bimbingan akreditasi kepada Pokja PAP (Pelayanan dan Asuhan Pasien), PAB (Pelayanan Anestesi dan Bedah) dan SKP (Standart Sasaran Keselamatan Pasien). Pada hari Rabu, tanggal 15 Juni 2022 telah dilakukan bimbingan akreditasi pada Pokja PP (Pengkajian Pasien) dan PMKP (Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien). Pada hari Kamis tanggal 16 Juni 2022 telah dilakukan bimbingan akreditasi pada Pokja MIRMK (Manajemen Informasi Rekam Medik dan Kesehatan), KE (Komunikasi dan Edukasi) dan TKRS (Tata Kelola Rumah Sakit). Pada hari Jumat tanggal 17 Juni 2022 telah dilakukan bimbingan akreditasi pada Pokja PKPO (Pelayanan Kefarmasian dan Penggunaan Obat), MFK (Manajemen Fasilitas Kesehatan), AKP (Akses dan Keberlangsungan Pelayanan) dan PPI (Pencegahan dan Pengendalian Infeksi). Hal tersebut merupakan wujud nyata RSD dr. Soebandi untuk mewujudkan visinya Menjadi Rumah Sakit Pendidikan Unggul dan Rujukan Nasional yang menjamin mutu serta keselamatan pasien

Agenda pada minggu berikutnya yaitu dilanjutkan dengan telusur dokumen, observasi, simulasi, dan telusur lapangan. Hal tersebut merupakan rencana kerja yang nyata RSD dr. Soebandi Jember dalam menyongsong akreditasi rumah sakit versi Kementerian Kesehatan RI Tahun 2022, sehingga RSD dr. Soebandi dapat mewujudkan harapannya untuk lulus akreditasi secara paripurna.