• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Kamis, 19 September 2024 : WIB

rsd-dr-soebandi-melaksanakan-kegiatan-operasi-katarak-sebagai-implementasi-program-inovasi-j-terak

23 Nov 2023

RSD dr. SOEBANDI MELAKSANAKAN KEGIATAN OPERASI KATARAK SEBAGAI IMPLEMENTASI PROGRAM INOVASI J-TERAK

Gangguan penglihatan dan kebutaan masih menjadi masalah kesehatan di Indonesia. Survey Kesehatan Indera menunjukkan penduduk Indonesia mengalami kebutaan disebabkan oleh glaukoma (13,4%), kelainan refraksi (9,5%), gangguan retina (8,5%), kelainan kornea (8,4%) dan katarak (52%). Katarak merupakan penyebab terbesar gangguan penglihatan di lndonesia, sehingga prioritas Program Penanggulangan Gangguan Penglihatan ini adalah menurunkan prevalensi gangguan penglihatan akibat katarak, dengan tetap melakukan upaya penanggulangan gangguan penglihatan dengan penyebab lainnya. Penanggulangan gangguan penglihatan di lndonesia dilakukan dengan mengutamakan upaya promotif-preventif, meliputi pengendalian faktor risiko, serta penanganan gangguan penglihatan dan kebutaan, khususnya pada kelompok berisiko, dengan tetap melakukan penguatan terhadap akses masyarakat pada layanan kesehatan yang komprehensif, bermutu, dan terjangkau.

Tindakan Eliminasi Katarak merupakan kegiatan yang memberikan pelayanan secara menyeluruh kepada masyarakat secara nyaman dan terpercaya yaitu meliputi aspek preventif, kuratif serta rehabilitatif dengan harapan dapat menurunkan angka kesakitan serta menurunkan gangguan penglihatan di wilayah Kabupaten Jember.

Pada hari Kamis, 23 November 2023 RSD dr. Soebandi menyelenggarakan kegiatan operasi katarak sebagai implementasi program inovasi J-TERAK (Jember Tindakan Eliminasi Katarak) dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-59 dan HUT RSD dr. Soebandi ke-49. Tahun ini adalah kedua kalinya RSD dr. Soebandi menyelenggarakan kegiatan J-TERAK dengan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Jember, Puskesmas se-Kabupaten Jember, dan RSD Balung Jember.

Sebelumnya RSD dr. Soebandi melakukan pemeriksaan screening bagi calon peserta operasi katarak yang dilaksanakan selama 2 hari, yaitu tanggal 20 dan 21 November 2023 dengan pemeriksaan: tekanan darah, TTV, visus mata, tonometri, keratometri, biometri, slit lamp, dan konsultasi dengan dokter spesialis mata RSD dr. Soebandi. Selain itu sebanyak 15 orang mendapatkan bantuan kacamata baca dalam kegiatan J-TERAK kali ini.

35 orang pasien telah dilakukan operasi katarak oleh dokter spesialis mata RSD dr. Soebandi, yaitu: dr. Bagas Kumoro, Sp.M; dr. Iwan Dewanto, Sp.M; dr. Erwanda Fredy, Sp.M; dr. Bimanda, Sp. M., M.Ked.Klin, dan dr. Heny, Sp.M. Tim dari RSD Balung juga turut serta mendukung kegiatan operasi.

Semoga kegiatan J-TERAK yang merupakan kolaborasi dari berbagai pihak ini dapat memberikan manfaat dan keberkahan bagi masyarakat Jember khususnya penderita katarak.