• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Jumat, 18 Oktober 2024 : WIB

rsd-dr-soebandi-melaksanakan-kegiatan-operasi-katarak-sebagai-implementasi-program-inovasi-j-terak-tahun-ke-3

17 Jul 2024

RSD dr. SOEBANDI MELAKSANAKAN KEGIATAN OPERASI KATARAK SEBAGAI IMPLEMENTASI PROGRAM INOVASI J-TERAK TAHUN KE-3

Gangguan penglihatan dan kebutaan masih menjadi masalah kesehatan di Indonesia. Katarak merupakan penyebab terbesar gangguan penglihatan di lndonesia, sehingga prioritas Program Penanggulangan Gangguan Penglihatan ini adalah menurunkan prevalensi gangguan penglihatan akibat katarak, dengan tetap melakukan upaya penanggulangan gangguan penglihatan dengan penyebab lainnya. Penanggulangan gangguan penglihatan di lndonesia dilakukan dengan mengutamakan upaya promotif-preventif, meliputi pengendalian faktor risiko, serta penanganan gangguan penglihatan dan kebutaan, khususnya pada kelompok berisiko, dengan tetap melakukan penguatan terhadap akses masyarakat pada layanan kesehatan yang komprehensif, bermutu, dan terjangkau.

Jember Tindakan Eliminasi Katarak (J-TERAK) merupakan kegiatan yang memberikan pelayanan secara menyeluruh kepada masyarakat secara nyaman dan terpercaya yaitu meliputi aspek preventif, kuratif serta rehabilitatif dengan harapan dapat menurunkan angka kesakitan serta menurunkan gangguan penglihatan di wilayah Kabupaten Jember.

Rangkaian kegiatan J-TERAK dilaksanakan selama 2 hari, yaitu tanggal 13 Juli 2024 pelaksanakan Operasi Katarak dan Pengobatan Gratis (meliputi pemeriksaan gula darah, kolesterol, pengukuran tanda- tanda fungsi tubuh, dan pemeriksaan dokter) dan 14 Juli 2024 kegiatan Pengobatan Pasca Operasi Katarak yang dihadiri Bapak Bupati dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jember, tim PERDAMI, dan perwakilan PT.Erela. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara RSD dr. Soebandi dengan Dinas Kesehatan Jember, Persatuan Dokter Mata Indonesia (PERDAMI), dan PT. Erlangga Edi Laboratories (Erela). Tahun ini adalah ketiga kalinya RSD dr. Soebandi menyelenggarakan kegiatan J-TERAK.

Dalam kesempatan ini turut hadir Bupati Jember, Ir. H Hendy Siswanto, ST.IPU, ASEAN.Eng yang menyampaikan bahwa setiap harinya Pemkab Jember telah melayani operasi katarak gratis di Rumah Sakit Daerah. Sedangkan program J-TERAK merupakan pelayanan gratis operasi katarak yang dilakukan secara masal.

Plt. Direktur RSD dr. Soebandi, dr. Lilik Lailiyah, M.Kes menyampaikan bahwa sebelumnya RSD dr. Soebandi melakukan pemeriksaan screening bagi calon peserta operasi katarak yang dilaksanakan selama 2 hari, yaitu tanggal 4 Juli 2024 di RSD dr. Soebandi dan 8 Juli 2024 di Puskesmas Kencong dengan pemeriksaan: tekanan darah, TTV, visus mata, tonometri, keratometri, biometri, slit lamp, dan konsultasi dengan dokter spesialis mata RSD dr. Soebandi. Sebanyak 60 orang telah dilakukan tindakan operasi katarak, dan 80 orang akan dilakukan operasi secara periodik dalam waktu dekat ini.

Dalam kegiatan operasi katarak kali ini dokter spesialis mata yang bertugas adalah dr. Bagas Kumoro, Sp.M; dr. Iwan Dewanto, Sp.M; dr. Bimanda, Sp. M., M.Ked.Klin dari RSD dr. Soebandi dan dari PERDAMI dr. Heny, Sp.M; dr. Fariztah Sukainah, Sp.M; dr. Karina Ayu Pramesti; dr. Maharani Kartika Anggraeni; dr. Muhammad Wahyu Aghdi P.

Semoga kegiatan J-TERAK yang merupakan kolaborasi dari berbagai pihak ini dapat memberikan manfaat dan keberkahan bagi masyarakat Jember khususnya penderita katarak di Kabupaten Jember.