• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Jumat, 20 September 2024 : WIB

rsd-dr-soebandi-melaksanakan-kegiatan-orientasi-peserta-didik-dm-fakultas-kedokteran-universitas-jember

22 Mei 2023

RSD dr. SOEBANDI MELAKSANAKAN KEGIATAN ORIENTASI PESERTA DIDIK DM FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS JEMBER

Pada hari Senin, 22 Mei 2023 RSD dr. Soebandi melaksanakan pembukaan kegiatan orientasi peserta didik dokter muda Fakultas Kedokteran Universitas Jember. Kegiatan yang bertempat di Aula Masjid Darusy Syifa RSD dr. Soebandi ini dihadiri oleh: Dekan FK Unej, di wakili oleh Wadek 1 FK Unej dr. Ida Srisurani W, M.Kes; Wadir SDM dan Diklit, dr. Wiwik Supartiwi, M.Kes; Kabid. Diklit dr. Saraswati Dewi, Sp.A ( K ); Ketua KOMKORDIK, dr. Setiadi Drajat K,Sp.BTKV ( K ) VE; Wakil Ketua KOMKORDIK, dr. Yohanes, Sp.THT; Ka. Lab Interna, dr. Irawan Fajar K, Sp.PD; Ka. Lab THT, dr. Maria K, Sp.THT; Ka. Lab Anestesi, dr. Suparno Adi Santika, Sp.An, KIC,M.H; Ka. Lab Forensik, M.Afiful J, Sp.F, S.H,M.H

Setelah menempuh pendidikan sarjana kedokteran, mahasiswa akan menempuh pendidikan profesi selama dua tahun. Selanjutnya, mereka nantinya dapat disebut dokter muda (DM). Kegiatan pradik/ Orientasi Pendidikan kali ini diikuti oleh 68 peserta yang merupakan dokter muda dari Fakultas Kedokteran UNEJ dan berlangsung mulai tanggal 22- 26 Mei 2023.

Sebelum melaksanakan pendidikan profesi kedokteran, mahasiswa wajib mengikuti Orientasi Peserta Didik, yang telah di atur dalam Panduan Orientasi Pendidikan Bagi Peserta Didik Di Rumah Sakit Daerah dr. Soebandi Jember . Adapun tujuan orienatasi peserta didik, di harapkan peserta didik dapat memahami / mengenal RSD dr. Soebandi yang di sampaikan meliputi Visi Misi dan Kebijakan RSD dr. soebandi, Juknis Pelayanan Kesehatan dan Tata tertib bagi Peserta Didik di RSD dr. Soebandi, Alur Pelayanan, Etika dan Komunikasi, Standart profesi dan perlindungan hukum, Program Rumah Sakit tentang mutu dan keselamatan pasien, Program pencegahan dan pengendalian infeksi, Program keselamatan penggunaan obat, Program Sasaran keselamatan pasien.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Dekan FK Unej, dalam hal ini di wakili oleh Wadek 1 FK Unej dr. Ida Srisurani W, M.Kes. Penyerahan mahasiswa sepenuhnya kepada RSD dr. soebandi, untuk melaksanakan kepaniteraan klinik selama kurang lebih 2 tahun.

Selanjutnya, sambutan Direktur RSD dr. Soebandi dalam hal ini di wakili oleh Wadir SDM dan Diklit, dr. Wiwik Supartiwi, M.Kes sekaligus berkesempatan untuk membuka kegiatan tersebut. Dalam sambutannya dr. Wiwik Supartiwi, M. Kes menyampaikan bahwa semoga peserta dapat bergabung bersama dengan sesama peserta didik lainnya dari keperawatan, kebidanan dan tenaga lainnya dengan baik, serta dapat bekerjasama dan berkomunikasi yang baik dengan karyawan RSD dr. soebandi.

Acara di tutup dengan paparan sekilas dari ketua komkordik , dr. Setiadi Drajat K,Sp.BTKV ( K ) VE , tentang tata tertib peserta didik , jenis pelanggaran peserta didik dan panduan peserta didik.

RSD dr. Soebandi merupakan rumah sakit pendidikan yang tidak hanya memberikan pelayanan kesehatan bagi pasien, namun juga memberikan pelayanan pendidikan bagi peserta didik salah satunya melalui kegiatan orientasi agar Dokter Muda memahami seluk beluk rumah sakit beserta segala peraturan yang berlaku, agar kegiatan pendidikan profesi dapat berjalan dengan lancar.