• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Sabtu, 21 September 2024 : WIB

rsd-dr-soebandi-melaksanakan-operasi-bedah-jantung-terbuka-dengan-kasus-pengangkatan-tumor-pada-jantung-secara-gratis

6 Jul 2022

RSD dr. SOEBANDI MELAKSANAKAN OPERASI BEDAH JANTUNG TERBUKA DENGAN KASUS PENGANGKATAN TUMOR PADA JANTUNG SECARA GRATIS

Pada hari Rabu tanggal 6 Juli 2022 RSD dr. Soebandi Jember melaksanakan operasi bedah jantung terbuka atau open heart surgery pada pasien remaja putri berusia 14 tahun dengan kasus pengangkatan tumor pada jantung. RSD dr. Soebandi Jember sebagai rumah sakit tipe B Pendidikan milik Pemerintah Kabupaten Jember sudah beberapa kali berhasil melaksanakan operasi yang sebelumnya hanya mampu dilaksanakan oleh Rumah Sakit Tipe A di Jawa Timur seperti RSUD dr. Soetomo Surabaya dan RSUD dr. Saiful Anwar Malang. Hal itu sejalan dengan visi RSD dr. Soebandi untuk Menjadi Rumah Sakit Pendidikan Unggul dan Rujukan Nasional yang Menjamin Mutu serta Keselamatan Pasien.

Operasi ini juga dihadiri oleh Bupati Jember yang senantiasa mendukung RSD dr. Soebandi untuk meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat. Bapak Bupati Ir. Hendy Siswanto ST.IPU mengatakan akan memberikan dukungan dengan menyediakan berbagai peralatan yang dibutuhkan dan memberangkatkan para dokter untuk menempuh pendidikan sesuai dengan pengembangan pelayanan RSD dr. Soebandi. Salah satunya yaitu dr. Taufik Sp.An yang akan menempuh pendidikan Konsultan Anastesi Bedah Kardiovaskular. Selain itu Bapak Bupati juga akan turut mensosialisasikan program inovasi RSD dr. Soebandi yang bertajuk J-Jantan yaitu Jember Antisipasi dan Deteksi Dini Kelainan Jantung pada Anak, agar semua penduduk Kabupaten Jember khususnya anak-anak yang memiliki kelainan jantung mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis. Bupati Hendy Siswanto juga mengatakan bahwa Pelayanan dan perkembangan RSD dr. Soebandi sudah bagus, saat ini sudah dilakukan operasi bedah jantung yang kedua dan ini luar biasa karena operasi ini akan mengangkat tumor di dalam jantung. Dan ini spesial karena bukan kasus penyakit jantung yang biasa. Apalagi operasi ini tidak dikenakan biaya alias gratis.

Dokter Setiadi Drajad, Sp.,BTKV menjelaskan bahwa pasien jantung yang dilakukan operasi bedah jantung terbuka kali ini adalah penderita kelainan jantung dengan tumor di serambi kiri jantung yang bertangkai masuk diantara serambi dan ventrikel. Jika dibiarkan maka pasien dapat mengalami gagal jantung karena aliran oksigen tidak bisa masuk dari paru-paru, dan apabila tidak mendapatkan penanganan segera dapat menyumbat jantung karena adanya massa tumor yang menyumbat jantung sehingga diperlukan tindakan operasi segera. Secara teknisnya fungsi jantung akan diambil alih oleh mesin, dan tumor akan diangkat. Setelah jantung dibersihkan dari tumor, maka jantung akan dijahit kembali sampai akhirnya dapat difungsikan seperti sediakala.

Dokter Suryono spesialis jantung menyampaikan kepada Bapak Bupati bahwa kasus jantung di Klinik Spesialis Jantung dan Pembuluh RSD dr. Soebandi Jember sangat banyak, kasus Hypertensive Heart Disease mencapai 2191 kasus, kasus Atherosclerotic Heart Disease mencapai 2052 kasus dan masih banyak kasus-kasus jantung yang lainnya. Belum lagi berbagai kasus jantung yang ditemui di klinik spesialis lainnya. Kedepannya RSD dr. Soebandi juga akan melaksanakan operasi by pass jantung. Selain itu dokter Saras Spesialis Anak juga menyampaikan bahwa tindakan pembedahan jantung ini sangat mempengaruhi kualitas hidup anak selanjutnya, sehingga sangat diperlukan untuk dilakukan sedini mungkin.