• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Jumat, 20 September 2024 : WIB

rsd-dr-soebandi-melaksanakan-pemeriksaan-skreening-calon-peserta-j-komandan

16 Nov 2023

RSD dr. SOEBANDI MELAKSANAKAN PEMERIKSAAN SKREENING CALON PESERTA J-KOMANDAN

Pada hari tanggal 14 dan 15 November 2023 RSD dr. Soebandi menyelenggarakan skreening dan pemeriksaan penunjang diagnostik bagi calon akseptor yang akan mengikuti Metode Operasi Wanita atau Metode Operasi Pria yang disingkat dengan istilah MOW / MOP melalui program inovasi J-Komandan (Jember Kontrasepsi Mantap Dan Aman), merupakan kerjasama RSD dr. Soebandi dengan DP3AKB dan BKKBN Provinsi Jatim. Calon akseptor yang hadir untuk menjalani skreening berjumlah 213 orang.

Kegiatan J-Komandan kali ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-59 HUT RSD dr. Soebandi ke-49 tahun 2023 yang rencananya akan berlangsung pada hari Sabtu, 18 November 2023 mulai pukul 06.00 WIB diawali dengan penandatanganan Inform Consent. Pemeriksaan penunjang diagnostik untuk persiapan tindakan MOW / MOP antara lain : lab darah lengkap, gula darah puasa dan foto thorax. Pemeriksaan ini sangat penting dilakukan sebelum proses operasi agar dapat mengurangi risiko yang terkait dengan pembedahan dan anestesi, serta meningkatkan kualitas perawatan perioperatif, untuk mengembalikan pasien ke keadaan yang diinginkan.

Skreening dilakukan oleh dokter spesialis untuk memastikan lolos tidaknya calon akseptor untuk dilakukan operasi. Tindakan operasi dilakukan oleh Tim Medis BKKBN dengan support Tim Peristi dan Tim Back Up Instalasi Bedah Sentral RSD dr. Soebandi.

Upaya ini bertujuan untuk pembinaan terhadap akseptor yang merupakan Pasangan Usia Subur melalui kontrasepsi MOW/ MOP dalam upaya untuk pengendalian jumlah penduduk sekaligus mencegah dan menurunkan angka stunting. Semoga RSD dr. Soebandi dapat menjadi tuan rumah yang baik dalam kegiatan ini. Selagi bisa, mari berbuat kebaikan untuk sesama.