• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Jumat, 20 September 2024 : WIB

rsd-dr-soebandi-melaksanakan-proctorship-amplatzer-septal-occuder-untuk-meningkatkan-pelayanan-jantung-terpadu

17 Okt 2022

RSD DR. SOEBANDI MELAKSANAKAN PROCTORSHIP AMPLATZER SEPTAL OCCUDER UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN JANTUNG TERPADU

Pada tanggal 17 Oktober 2022, jam 08.00 WIB, RSD dr. Soebandi melaksanakan kegiatan Proctorship Amplatzer Septal Occuder untuk meningkatkan pelayanan jantung terpadu bekerjasama dengan Tim Pusat Pelayanan Jantung Terpadu RSUD dr. Saiful Anwar Malang. Hal ini merupakan wujud komitmen RSD dr. Soebandi dalam mewujudkan visinya untuk menjadi Rumah Sakit Pendidikan Unggul dan Rujukan Nasional yang menjamin mutu serta keselamatan pasien.

Proctorship Amplatzer Septal Occuder merupakan sebuah penatalaksanaan memasukkan sebuah alat ke jantung melalui teknik kateterisasi dan berfungsi sebagai penutup defek jantung bawaan. Alat tersebut pertama kali digunakan untuk menutup DSA, sehingga disebut Amplatzer Septal Occluder (ASO). Prosedur penutupan DSA transkateter dilakukan di laboratorium kateterisasi jantung dengan menggunakan fluoroskopi dan ekokardiografi. Salah satu jenis alat okluder septal yang umumnya dipakai adalah Amplatzer (ASO) yang bentuknya menyerupai cangkram ganda dan dapat mengembang sendiri (self expandanble). Secara umum, indikasi dan persyaratan untuk dapat dilakukan penutupan DSA yaitu adanya pembesaran ventrikel kanan, adanya kecurigaan adanya emboli paradoksikal, tidak terdapat resistensi vaskular paru yang tinggi dan bebrapa hal menurut indikasi dokter. Prosedur penutupan DSA transkateter dilakukan di laboratorium kateterisasi jantung dengan menggunakan fluoroskopi dan ekokardiografi. Pada beberapa studi, tindakan ini menunjukkan efikasi yang baik. Penutupan komplit dapat dicapai pada sekitar 90% sampai 95% prosedur. Adanya perkembangan teknologi alat, teknik prosedural dan peningkatan kemampuan operator menunjang angka keberhasilan prosedur ini.

Sebagai Rumah Sakit Pendidikan, RSD dr Soebandi senantiasa meningkatkan kompetensi seluruh tenaga kesehatannya dengan bekerjasama dengan rumah sakit lainnya. Hal ini merupakan wujud nyata dari Misi RSD dr Soebandi untuk menyediakan pelayanan kesehatan terkini sebagai rujukan nasional dengan menjamin mutu dan keselamatan pasien.