• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Jumat, 20 September 2024 : WIB

rsd-dr-soebandi-melaksanakan-proctorship-posterior-sagittal-anorectoplasty-untuk-mengatasi-kecacatan-pada-anak-bekerjasama-dengan-rsud-dr-soetomo

26 Mei 2023

RSD dr. SOEBANDI MELAKSANAKAN PROCTORSHIP POSTERIOR SAGITTAL ANORECTOPLASTY UNTUK MENGATASI KECACATAN PADA ANAK BEKERJASAMA DENGAN RSUD dr. SOETOMO

Pada hari Jumat dan Sabtu, tanggal 26-27 Mei 2023, RSD dr. Soebandi Jember bekerjasama dengan RSUD dr. Soetomo dalam melakukan operasi bersama pada kasus atresia ani yang dikenal sebagai malformasi anorektal, yaitu suatu kelainan kongenital yang menunjukkan keadaan tanpa anus atau dengan anus yang tidak sempurna dimana keadaan ini sering dijumpai pada kasus bedah anak. Perkembangan terapi bedah saat ini sudah sangat berkembang dengan pesat dengan adanya penanganan medik dengan teknik posterior sagittal anorectoplasty (PSARP). Kasus malformasi anorektal merupakan kasus bedah anak yang paling sering dijumpai dan sangat berhubungan dengan tingginya morbiditas. Anamnesis dan pemeriksaan fisik merupakan hal yang sangat penting dalam menegakkan diagnosis malformasi anorektal ini. Postero sagittal anorectoplasty merupakan operasi pembuatan anus yang memberikan beberapa keuntungan karena tindakan operatif ini dapat digunakan dalam tatalaksana malformasi anorektal letak tinggi.

Bupati Jember Bapak Ir. Hendy Siswanto, ST., IPU yang diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan memberikan dukungannya kepada tiga orang pasien yang akan menjalani operasi posterior sagittal anorectoplasty ini. Sebelum operasi berlangsung, Direktur RSD dr Soebandi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jember, Managemen, Dokter Penanggung Jawab Pelayanan dan perawat berdoa bersama agar operasi berjalan dengan lancar dan sukses.

Direktur RSD dr. Soebandi, dr. Lilik Lailiyah M.Kes selalu mendorong perkembangan RSD dr. Soebandi Jember untuk terus mengembangkan diri dalam menangani berbagai kasus kedokteran dan menyediakan pelayanan kesehatan terkini sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan serta menjalin jejaring dengan rumah sakit lainnya untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di RSD dr. Soebandi Jember.

Saat ini, RSD dr. Soebandi bekerjasama dengan RSUD dr Soetomo Surabaya dengan menghadirkan dr. Purnawirawanto, Sp. B, Sp.BA, Subsp.DA(K) yang merupakan ahli bedah RSUD dr. Soetomo yang telah berpengalaman dalam melaksanakan operasi posterior sagittal anorectoplasty dalam berbagai kasus. RSD dr. Soebandi berharap dapat mengembangkan kompetensi sumber daya manusia sehingga dapat mewujudkan visinya untuk menjadi rumah sakit pendidikan unggul dan rujukan nasional yang menjamin mutu dan keselamatan pasien.