• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Jumat, 20 September 2024 : WIB

rsd-dr-soebandi-memperingati-hari-stroke-sedunia-dengan-memberikan-penyuluhan-kesehatan

27 Okt 2023

RSD dr. SOEBANDI MEMPERINGATI HARI STROKE SEDUNIA DENGAN MEMBERIKAN PENYULUHAN KESEHATAN

Hari Stroke Sedunia (World Stroke Day) diperingati setiap tanggal 29 Oktober, dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya melakukan pencegahan, mengetahui faktor risiko serta gejala stroke. Sebagai salah satu wujud komitmen RSD dr. Soebandi untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap stroke, pada hari Senin, 23 Oktober 2023 Klinik Spesialis Saraf memberikan edukasi kepada pasien dan keluarga mengenai stroke.

Tema Tahun ini, Hari Stroke Sedunia mengangkat tema Together We Can Be # Greater Than Stroke yang artinya Terlibatlah dan tunjukkan bahwa bersama-sama kita bisa # Lebih Hebat Dari Stroke. Penyuluhan yang berjudul Mengenal Stroke Lebih Dekat disampaikan oleh dr. Azham Purwandhono, Sp. N yang didampingi oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran yang sedang menempuh pendidikan profesi di RSD dr. Soebandi. Pasien dan keluarga yang sedang menunggu layanan di klinik spesialis saraf terlihat antusias menyimak penjelasan dokter yang membahas tentang penyakit stroke, jenis stroke, angka kejadian kasus stroke, tanda gejala, faktor risiko, serta apa yang harus dilakukan apabila mengalami gejala stroke. Di akhir kegiatan, pasien dan keluarga diberikan kesempatan untuk bertanya kepada narasumber. Tentunya, kesempatan ini menjadi momen yang ditunggu, dimana mereka bisa bertanya sekaligus berkonsultasi kepada dokter tentang masalah kesehatan yang sedang dialami.

Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan ilmu bagi pasien dan keluarga agar lebih waspada dengan penyakit stroke, serta mengutamakan pencegahan karena mencegah penyakit lebih baik daripada mengobati. Selain itu, kami juga berharap agar masyarakat mengerti mengenai tanda gejala stroke sehingga dapat segera mencari pertolongan di fasilitas kesehatan terdekat apabila ada yang mengalami gejala stroke. Stroke tergolong dalam kondisi medis darurat yang membutuhkan penanganan dengan segera. Kondisi ini sangat berbahaya, namun dapat ditangani dengan segera. Peluang kesembuhan stroke akan lebih besar jika tim medis bisa memanfaatkan waktu yang tepat untuk mengurangi kecacatan maupun kematian / golden period pada penderita stroke sebaik mungkin dengan memberikan penanganan yang tepat dan cepat. Oleh karena itu, semua orang berperan penting dalam mengatasi stroke. Jadilah #Lebih Hebat dari Stroke.