• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Jumat, 20 September 2024 : WIB

rsd-dr-soebandi-menerima-kunjungan-dari-dinas-kesehatan-jember-tentang-monev-pelayanan-ponek-dan-sistem-maternal-dan-neonatal-simatneo

15 Mar 2023

RSD dr. SOEBANDI MENERIMA KUNJUNGAN DARI DINAS KESEHATAN JEMBER TENTANG MONEV PELAYANAN PONEK DAN SISTEM MATERNAL DAN NEONATAL (SIMATNEO)

Hari Rabu tanggal 15 Maret 2023 pukul 08.30 WIB bertempat di Ruang Lobby Direksi, RSD dr. Soebandi menerima kunjungan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jember dalam rangka Monitoring dan Evaluasi Pelayanan Ponek dan Sistem Maternal dan Neonatal (SIMATNEO). Kunjungan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu Pelayanan Obstetri Neonatal Emergency Komprehensif (PONEK) di RSD dr. Soebandi serta evaluasi pengisian aplikasi Sistem Informasi Maternal Neonatal (SIMATNEO).

Tim dari Dinas Kesehatan diterima secara langsung oleh dr. Triwiranto selaku Plt. Kepala Bidang Pelayanan Medik sekaligus membuka acara tersebut. Kegiatan monev ini dilakukan oleh tim Dinas Kesehatan Kabupaten Jember, yaitu dr. Santi Indriasari, Naila Athiyah, S.KM, Sofiyanti Miftakhurohmah, ST., M.KES, dr. Nefrigia Titys Pekasih, Galuh Dwi Sasongko S.KM, dan Ahmad Safril Annur S.ST. Dari RSD dr. Soebandi juga hadir dr. Benedictus Gebyar Tri Baskoro, Sp.A, dr. Daniel Alexander Suseno, Sp.OG, serta tim PONEK dan PERISTI.

Indonesia masih memiliki beban masalah kesehatan dalam hal tingginya angka kematian ibu dan bayi baru lahir. Penyebab kematian ini erat kaitannya dengan penatalaksanaanya saat di fasilitas pelayanan kesehatan. Untuk mengoptimalkan peran tersebut maka aplikasi SIMATNEO diharapkan mampu membantu untuk monitoring dan evaluasi pelayanan kesehatan dan neonatal dan sarana pendukung lainnya lewat instrumen digitalisasi program berbasis web (online). Monitoring dan evaluasi yang dilakukan kali ini bertujuan untuk menjamin pelaksanaan suatu sistem dan melihat dampak intervensi terhadap perubahan yang diharapkan untuk menilai kemajuan dan memahami tantangan dalam pelaksanaan program. Selain melakukan monev, tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jember juga melakukan telusur lapangan di ruangan PONEK serta melakukan pengecekan dokumen.