• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Kamis, 19 September 2024 : WIB

rsd-dr-soebandi-menerima-kunjungan-kaji-banding-dari-rsud-prof-dr-wz-johannes-kupang

20 Des 2023

RSD dr. SOEBANDI MENERIMA KUNJUNGAN KAJI BANDING DARI RSUD PROF. Dr. W.Z JOHANNES KUPANG

RSD dr. Soebandi sebagai rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten Jember dengan tipe B pendidikan berupaya untuk menjalin kerjasama dengan semua mitra, yang tentunya juga mendukung peningkatan mutu layanan. Hari ini, Rabu 20 Desember 2023 RSD dr. Soebandi menerima kunjungan dari RSUD Prof. Dr. W.Z Johannes Kupang dalam rangka kaji banding tentang proses pendidikan dan tarif. Tim kaji banding yang berjumlah 5 orang yang terdiri dari: Dr. dr. Christina Olly Lada, M. Gizi selaku Dekan Undana; Dr. dr. Anastasia Deo, M. Sc Selaku GPM Undana; dr. Irene D. SPA mewakili Komkordik; Hermina L. selaku Kabag Umum RSUD Prof. Dr. W.Z Johannes Kupang; dan Ruschen K dari Bagian Keuangan RSUD Prof. Dr. W.Z Johannes Kupang diterima oleh Direktur RSD dr. Soebandi beserta jajaran manajemen di ruang Lobby Direksi RSD dr. Soebandi.

Kegiatan kaji banding kali ini membahas tentang tarif layanan pendidikan profesi dokter, baik itu fee untuk institusi dan honor dosen pendidik klinik, bagaimana cara menghitungnya dan mekanisme pembayaran kepada masing-masing dosen pendidik klinik, serta pembahasan mengenai penerapan mekanisme reformasi birokrasi Rumah Sakit pendidikan. Acara dimulai dengan paparan Direktur yang disampaikan oleh dr. Lilik Lailiyah, M.Kes tentang profil dan proses pendidikan di RSD dr. Soebandi. Beliau menyampaikan rasa terimakasih kepada tim kaji banding RSUD Prof. Dr. W.Z Johannes Kupang yang memilih RSD dr. Soebandi menjadi tempat kaji banding. RSD dr. Soebandi siap berdiskusi, belajar bersama, untuk meningkatkan mutu layanan. Dr. dr. Christina Olly Lada, M. Gz selaku dekan Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Hewan Undana Kupang mewakili tim visitasi RSUD Prof. Dr. W.Z Johannes Kupang menyampaikan rasa terimakasih kepada Direktur beserta segenap jajaran RSD dr. Soebandi yang telah menyambut kedatangan tim visitasi. Beliau juga menyampaikan bahwa RSD dr. Soebandi telah menjadi teladan yang baik bagi rumah sakit pendidikan lainnya yang ingin berproses untuk meningkatkan mutu layanan.

Dalam kesempatan ini juga hadir dekan Fakultas Kedokteran Universitas Jember, dr. Ulfa Elfiah, M.Kes, Sp. BP-RE (K) yang menyampaikan bahwa RSD dr. Soebandi telah menjadi rumah sakit pendidikan utama bagi Fakultas Kedokteran Universitas Jember dengan kapasitas 200 hingga 300 orang mahasiswa. Peserta didik belajar dengan berbasis pada model pelayanan RS, yaitu Departemen Penyakit Dalam, Bedah, Pediatri, THT, dst., dengan tempat kegiatan: klinik rawat jalan, ruang rawat inap, IGD, Kamar Operasi, dst. Peserta didik juga melaksanakan morning report, laporan kasus, referat, jurnal reading, dan tutorial. Kegiatan kaji banding berakhir dengan sesi diskusi.

Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi semua pihak, khususnya dalam hal peningkatan mutu layanan.