• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Jumat, 20 September 2024 : WIB

rsd-dr-soebandi-menerima-kunjungan-tim-supervisi-surveilans-aktif-tbc-provinsi-jawa-timur-dalam-rangka-akselerasi-penyisiran-kasus-tbc-di-rumah-sakit

20 Jan 2023

RSD dr. SOEBANDI MENERIMA KUNJUNGAN TIM SUPERVISI SURVEILANS AKTIF TBC PROVINSI JAWA TIMUR DALAM RANGKA AKSELERASI PENYISIRAN KASUS TBC DI RUMAH SAKIT

Pada hari Kamis, tanggal 19 Januari 2023, jam 08.00 WIB, di Lobby Direksi RSD dr. Soebandi Jember, Tim Supervisi Surveylans Aktif TBC Provinsi Jawa Timur melakukan kunjungan kerja di RSD dr. Soebandi Jember dalam rangka percepatan penyisiran kasus TBC di rumah sakit. Hal tersebut merupakan bentuk tindak lanjut dari Instruksi Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Nomor PM.01.01/2/4793/2022 tanggal 16 September 2022, untuk menyelenggarakan kegiatan surveilans aktif di 8 Provinsi terpilih dengan cara melakukan penyisiran kasus TBC di rumah sakit. Kegiatan ini dilatar belakangi oleh adanya ketidaksesuaian data antara rumah sakit dengan Dinas Kesehatan di hampir seluruh Indonesia, sehingga dikhawatirkan terdapat kasus TBC yang tidak terpantau yang dapat membahayakan masyarakat. Dalam upaya menuntaskan masalah TBC di Indonesia maka perlu dilakukan penyisiran kasus dan pencocokan data pasien TBC di rumah sakit, salah satunya yaitu RSD dr. Soebandi Jember.

RSD dr. Soebandi merupakan rumah sakit rujukan tipe B Pendidikan yang telah lulus akreditasi secara paripurna, yang juga berhasil meraih Penghargaan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sebagai 10 ( sepuluh ) Instansi Terbaik Fasilitas Pelayanan Kesehatan Pelapor KTD/ESO Serius TB RO di Indonesia. Sehingga memiliki data dan capaian pelayanan yang cukup lengkap dan baik. Dalam kegiatan Supervisi Surveylans Aktif TBC Provinsi Jawa Timur ini, dihadiri oleh Tim Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Tim Dinas Kesehatan Kabupaten Jember, Manajemen RSD dr. Soebandi, Dokter Spesialis Paru RSD dr. Soebandi, Apoteker, Analis Kesehatan, Perawat Klinik Penyakit Dalam, Perawat Klinik Paru dan TB, Perawat Klinik Orthopedi, Perawat Klinik VCT, Perawat Klinik Anak, Perekam Medik, Perawat Rawat Inap dan Pengolah Data Elektronik RSD dr. Soebandi Jember.

Dalam sambutannya, Direktur RSD dr. Soebandi dr. Lilik Lailiyah M.Kes menyampaikan bahwa RSD dr. Soebandi senantiasa siap melaksanakan kegiatan dalam rangka penyisiran kasus TBC ini dan berharap pencegahan dan pengendalian kasus TBC di Kabupaten Jember dapat berjalan dengan baik dan lancar. Menurut Direktur RSD dr. Soebandi kegiatan seperti ini sangat penting, karena dengan adanya upaya akselerasi pencatatan dan pelaporan kasus TBC ini, maka dapat mencegah adanya kasus TBC yang tidak terpantau dalam masyarakat. Sehingga memang sangat diperlukan proses verifikasi dan penyisiran kasus TBC baik di rumah sakit dan dinas kesehatan. Diharapkan seluruh pasien yang telah menjalani perawatan rawat inap dan sudah diijinkan pulang oleh dokter dari RSD dr. Soebandi dan telah dapat ditegakkan diagnosanya sebagai pasien TBC, dapat melakukan pemeriksaan selanjutnya terus tanpa putus, sehingga harus dilakukan pemantauan secara terus menerus. Hal ini tentunya untuk mewujudkan Indonesia Bebas TBC yang juga telah menjadi Program Nasional di Indonesia.