• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Jumat, 20 September 2024 : WIB

rsd-dr-soebandi-mengikuti-bimtek-input-perubahan-rencana-strategis-melalui-sistem-informasi-perangkat-daerah-republik-indonesia

30 Mar 2023

RSD dr. SOEBANDI MENGIKUTI BIMTEK INPUT PERUBAHAN RENCANA STRATEGIS MELALUI SISTEM INFORMASI PERANGKAT DAERAH REPUBLIK INDONESIA

Dalam rangka menunjang kelancaran dan konsistensi penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah Tahun 2024, RSD dr. Soebandi yang merupakan rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten Jember mengikuti Bimbingan Teknis Input Perubahan Rencana Strategis melalui Sistem Informasi Perangkat Daerah Republik Indonesia ( SIPD-RI ) di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Jember pada hari Rabu tanggal 29 Maret 2023, yang diikuti oleh RSD dr. Soebandi, RSD Balung, RSD Kalisat, Dinas Kesehatan dan semua Puskesmas di Kabupaten Jember.

Dalam bimbingan teknis kali ini diagendakan penginputan perubahan rencana strategis dalam Sistem Informasi Perangkat Daerah Republik Indonesia yang bersifat nasional . Perubahan Rencana Strategis RSD dr. Soebandi akan menjadi pedoman dalam penyusunan program dan kegiatan tahunan yang dituangkan dalam dalam Rencana Kerja (Renja) RSD dr. Soebandi pada tahun 2024, dan menjadi tolok ukur dalam melakukan monitoring dan evaluasi pencapaian tujuan, sasaran dan target kinerja yang mengarah pada penilaian capaian Indikator Kinerja Utama (IKU). Dengan disusunnya Perubahan Renstra ini diharapkan dapat menentukan arah dan masa depan RSD dr. Soebandi Jember, sehingga mampu mengevaluasi, memilih dan mengimplementasikan berbagai alternatif pendekatan untuk meningkatkan pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat.

Perubahan Rencana Strategis tersebut harus diinput dalam Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) Republik Indonesia yang merupakan jembatan yang menghubungkan antara pemerintah daerah dengan Sistem Satu Data Indonesia dan penyempurnaan dari aplikasi sebelumnya yang bernama SIPD. SIPD yaitu sistem yang mendokumentasikan, mengadministrasikan, serta mengolah data pembangunan daerah menjadi informasi yang disajikan kepada masyarakat dan bahan pengambilan keputusan dalam rangka perencanaan, pelaksanaan, evaluasi kinerja pemerintah daerah yang memiliki tujuan untuk mengoptimalkan pemanfaatan data dan informasi pembangunan daerah dalam upaya mencapai keberhasilan pembangunan di Indonesia. Sehingga terjadi keterbukaan informasi dan sinergitas antara program kegiatan pemerintah pusat dengan pemerintah daerah.

Setelah dilakukan penginputan rencana strategis, ditemukan berbagai masalah yang membutuhkan koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah yang akan dijembatani oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Jember. Karena RSD dr. Soebandi dan dua rumah sakit daerah lainnya serta Puskesmas di Kabupaten Jember saat ini telah ditetapkan sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang diharapkan dapat memberikan pelayanan yang lebih berkualitas dan mandiri. Sehingga diperlukan singkronisasi dalam sistem pemerintah daerah lebih lanjut untuk mewujudkan sinergitas sebagai bagian dari instansi di bawah Pemerintah Kabupaten Jember.