• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Sabtu, 21 September 2024 : WIB

rsd-dr-soebandi-menyelenggarakan-acara-interaktif-radio-dengan-tema-harkitnas-pilar-membangun-indonesia-dari-berbagai-bidang

24 Mei 2022

RSD dr. SOEBANDI MENYELENGGARAKAN ACARA INTERAKTIF RADIO DENGAN TEMA HARKITNAS PILAR MEMBANGUN INDONESIA DARI BERBAGAI BIDANG

RSD dr. Soebandi bekerjasama dengan STIE Mandala menyelenggarakan Acara Interaktif Radio dengan Tema HARKITNAS PILAR MEMBANGUN INDONESIA DARI BERBAGAI BIDANG yang disiarkan serentak pada hari Senin tanggal 23 Mei 2022 jam 08.00-09.00 WIB di Pro 1 RRI Jember FM 95,4 MHz, Bondowoso dan Banyuwangi FM 91,6 MHz, Lumajang FM 95,8 MHz dan Situbondo FM 97,8 MHz pada nomer telepon 0331-336652, dengan narasumber dr. Hendro Soelistijono, M.M, M.Kes (Direktur RSD dr. Soebandi Jember), Dr Soewignyo Widagdo, SE.M.P, M.M (Ketua STIE Mandala Jember), dan Drs. HM. Kuntjoro Basuki, M.Si (Kepala SMK Perikanan dan Kelautan Puger).

Tema Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2022 ini adalah "Ayo Bangkit Bersama". Tema ini dipilih oleh Pemerintah agar dapat menjadi momentum bagi bangsa kita untuk bersama-sama mengobarkan semangat bangkit dari pandemi Covid-19 yang telah lebih dari dua tahun menyerang bangsa kita dan memberikan efek di segala bidang. Kita dapat merasakan bahwa situasi saat ini sudah jauh membaik dibandingkan pada saat awal dunia diserang ganasnya Covid-19 hingga ditetapkan sebagai pandemi global. Buah usaha dari berbagai pihak, terutama tenaga kesehatan yang dengan sigap menjadi garda terdepan sebagai pahlawan kemanusiaan dalam menangani setiap kasus Covid-19 dan melaksanakan vaksinasi Covid-19 kepada seluruh rakyat Indonesia.

RSD dr. Soebandi sebagai rumah sakit rujukan Covid-19 memberikan kontribusi yang cukup besar dalam penanganan Covid-19 di Kabupaten Jember. Roda perekonomian yang dulu terhenti kini perlahan semakin bergerak dan diharapkan segala bidang yang sempat terpuruk kini bisa bangkit kembali.

Dr. Soewignyo Widagdo, SE.M.P, M.M mengatakan bahwa Hari Kebangkitan Nasional harus diresapi oleh para generasi muda yang sangat mengenal media teknologi untuk lebih memahami program "Merdeka Belajar". Hal itu sangat berkaitan dengan kemampuan mahasiswa dalam menggunakan media teknologi untuk mendukung studinya.

Direktur RSD dr. Soebandi juga menambahkan bahwa Kebangkitan Nasional dalam bidang kesehatan yaitu membangkitan diri dalam meningkatakan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat, meningkatkan sumber daya teknologi dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia kesehatan dalam penggunaan teknologi yang mendukung pelayanan kesehatan.

dr. Hendro Soelistijono M.M,M.Kes mengatakan bahwa di era digitalisasi ini masyarakat disarankan untuk lebih selektif dalam menerima berita di media sosial terlebih dalam bidang kesehatan dan pelayanan kesehatan. Masyarakat sebaiknya melihat sumber berita yang diterima, sehingga mendapatkan informasi yang tepat. Karena apabila sumber informasi yang diterima tidak benar, maka keputusan yang diambil juga tidak tepat, terlebih keputusan dalam masalah kesehatan dan pelayanan kesehatan, sangat fatal apabila salah mengambil keputusan karena menerima informasi yang tidak benar.

RSD dr. Soebandi Jember telah memiliki media sosial resmi untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Website resmi RSD dr. Soebandi dapat menjadi sumber informasi dan juga telah menyediakan kolom pengaduan, sehingga masyarakat dapat menyeleksi dan mengkonfirmasi isu-isu yang berkembang tentang RSD dr. Soebandi secara langsung. Karena sesuatu yang sedang viral terkadang lebih menarik untuk dipercaya tanpa memperdulikan sumber yang terpercaya. Segala informasi yang didapatkan dari internet, sebaiknya diseleksi kebenarannya sehingga tidak malah menjadi informasi yang menjerumuskan.

Masyarakat juga sebaiknya tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat, karena pandemi Covid-19 juga terjadi karena kurangnya kesadaraan mengenai hal itu. Sedangkan tidaklah mudah untuk mereset tatanan pola hidup dalam masyarakat.

Sedang menurut Drs. Kuntjoro Basuki, M.Si, hari kebangkitan nasional janganlah hanya sekedar seremonial tiap tahunan, tapi menyadari apa yang menjadi potensi besar yg dimiliki oleh negara kita, pendidikan karakter, membumikan nilai untuk pondasi anak-anak kita.

Disampaikan juga pesan untuk pendengar oleh dr. Hendro Soelistijono, M.M, M.Kes bahwa memaknai kebangkitan itu adalah dengan bangkit untuk meningkatkan kualitas dimanapun kita berada. Dan untuk memfilter pengaruh buruk bagi generasi muda yaitu dengan kembali kepada karakter masing-masing anak , hablumminallah hablumminannas saling menjaga satu sama lain.