• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Sabtu, 21 September 2024 : WIB

rsd-dr-soebandi-menyelenggarakan-bakti-sosial-kontrasepsi-mantap-aman-bagi-penduduk-jember-j-komandan

16 Jul 2022

RSD dr. SOEBANDI MENYELENGGARAKAN BAKTI SOSIAL KONTRASEPSI MANTAP AMAN BAGI PENDUDUK JEMBER ( J-KOMANDAN)

Pada hari Sabtu tanggal 16 Juli 2022 RSD dr. Soebandi menyelenggarakan bakti sosial kontrasepsi mantap dan aman bagi penduduk Jember, dimana RSD dr. Soebandi telah menjalin kerjasama dengan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Jember dan KODIM 0824. Kegiatan Bakti Sosial Operasi MOW Gratis bagi masyarakat Jember yang bertajuk J-KOMANDAN (Jember Kontrasepsi Mantap dan Aman) ini merupakan wujud sinergi dan kolaborasi RSD dr. Soebandi dengan lintas sektoral dalam akselerasi penurunan angka kematian ibu di Kabupaten Jember yang meningkat tajam dari 61 kematian pada tahun 2020 menjadi 115 kematian pada tahun 2021. Hal itu dikarenakan beberapa penyebab meningkatnya angka kematian ibu tersebut adalah kegagalan alat kontrasepsi, usia ibu hamil yang terlalu tua dan kehamilan resiko tinggi di Kabupaten Jember.

Upaya penurunan angka kematian ibu serta peningkatan derajat kesehatan ibu merupakan salah satu prioritas utama dalam penanganan bidang kesehatan. Salah satu program untuk menurunkan angka kematian ibu dan menekan angka pertumbuhan penduduk yakni melalui program keluarga berencana. Program keluarga berencana yang cukup efektif dan efisien adalah tindakan medik operatif wanita, yang merupakan kontrasepsi mantap yang lazim dikenal masyarakat dengan steril. Sterilisasi ini dilaksanakan dengan anastesi dan harus dilakukan di rumah sakit. Sterilisasi ini sangat efektif, tidak mempengaruhi proses menyusui, tidak menghambat hubungan suami istri, dan tergolong paling aman bagi klien yang beresiko mengalami kehamilan resiko tinggi. Program MOW ini dipilih bagi pasangan yang sudah mantap tak ingin punya anak lagi karena merupakan kontrasepsi yang permanen. Meskipun saluran telur yang tadinya dipotong atau diikat dapat disambung kembali, namun tingkat keberhasilan untuk hamil lagi sangat kecil. Sehingga metode ini dianggap efektif dalam akselerasi penurunan angka kematian ibu.

Kegiatan J-KOMANDAN ini dimulai dengan pendaftaran dan proses skrining awal kepada 163 orang pendaftar pada hari Sabtu tanggal 16 Juli 2022 jam 07.00 WIB. Dari hasil skrining awal tersebut didapatkan 31 orang tidak lolos skrining dengan berbagai penyebab yaitu 20 orang hipertensi, 1 orang TBC, 1 orang hamil, 4 orang obesitas dan 5 orang tidak datang. Sedangkan 132 orang peserta yang lolos skrining dapat diberikan pelayanan kontrasepsi mantap aman pada hari Sabtu tanggal 16 Juli 2022 jam 09.00 di kamar operasi RSD dr. Soebandi Jember. Para peserta dan petugas tampak antusias dalam kegiatan ini, pelayanan ruang operasi berjalan sampai jam 15.30 WIB dan observasi dilakukan sampai pukul 16.30.

Semua peserta kegiatan Pelayanan Kontrasepsi Mantap dan Aman bagi Penduduk Jember secara gratis telah pulang dalam kondisi yang sehat dengan pengawalan para koordinator masing-masing kecamatan. Dalam kegiatan ini penjaringan sasaran juga telah melibatkan petugas lapangan keluarga berencana (PLKB) di wilayah kerja kecamatan di Kabupaten Jember. Hal tersebut merupakan wujud nyata RSD dr. Soebandi dalam sinergi dan kolaborasi dalam usaha akselerasi penurunan angka kematian ibu dan peningkatan derajat kesehatan perempuan di Kabupaten Jember.