• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Jumat, 20 September 2024 : WIB

rsd-dr-soebandi-menyelenggarakan-konferensi-pers-mengenai-pelayanan-untuk-pasien-terlantar-rujukan-dari-dinsos

10 Jun 2023

RSD dr. SOEBANDI MENYELENGGARAKAN KONFERENSI PERS MENGENAI PELAYANAN UNTUK PASIEN TERLANTAR RUJUKAN DARI DINSOS

Pada hari Jumat, 9 Juli 2023 bertempat di ruangan Loby Direksi RSD dr. Soebandi telah diadakan kegiatan konferensi pers yang membahas tentang seorang pasien terlantar bernama Sati umur 77 tahun dengan gangguan jiwa dan benjolan di wajah , kiriman Dinas Sosial Jember. Kegiatan konfersi pers ini ini dihadiri oleh dr. Lilik Lailiyah, M. Kes selaku Direktur RSD dr. Soebandi, dr. Adi Nugroho, Sp. B selaku dokter spesialis bedah, dr. Inke Kusumastuti, Sp. KJ selaku dokter spesialis kedokteran jiwa yang merawat pasien tersebut.

Kepala Dinsos Jember Akhmad Helmi Luqman, S.Sos menyampaikan bahwa pasien ini sehari-hari hidup memperhatinkan dengan kondisi rumah yang tidak layak, ditambah lagi dengan gangguan kondisi fisik dan jiwa yang perlu segera ditangani. Kebetulan Ibu Sarti telah masuk DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) serta penerima bantuan sembako dan BPJS PBI.

Dalam kesempatan ini Direktur RSD dr. Soebandi dr. Lilik Lailiyah, M. Kes, menyampaikan bahwa RSD dr. Soebandi Jember yang didukung dengan dokter spesialis jiwa , bedah , dan anestesi serta ditunjang oleh sarana prasarana yang lengkap siap memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat dengan cara bersinergi, kolaborasi dengan Dinas Sosial serta unit kerja lain.

Lala Malahayati selaku pekerja sosial Ahli Pertama Direktorat Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia KEMENSOS RI menyampaikan setelah berita tentang lansia terlantar dengan ODGJ ini viral, Kemensos RI dengan sigap langsung menindak lanjuti kasus ini.

dr. Inke Kusumastuti, Sp. KJ mengungkapkan berdasarkan anamnese, pasien menderita gangguan jiwa berat. Sedangkan untuk kelainan fisik yang berupa tumor di wajah, penanganannya merupakan tanggung jawab DPJP (Dokter Penanggung Jawab Pelayanan) utama, dr. Adi Nugroho, Sp.B. Pada kesempatan ini beliau menyampaikan bahwa hari ini pasien menjalani CT Scan untuk pemeriksaan penunjang.

Pelayanan ini merupakan wujud komitmen dari RSD dr. Soebandi Jember sebagai rumah sakit rujukan di Jawa Timur bagian timur dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat tanpa membedakan status sosial.