• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Selasa, 17 September 2024 : WIB

rsd-dr-soebandi-menyelenggarakan-pelatihan-acls-bagi-praktisi-kesehatan-di-faskes

9 Mei 2024

RSD dr. SOEBANDI MENYELENGGARAKAN PELATIHAN ACLS BAGI PRAKTISI KESEHATAN DI FASKES

Henti jantung merupakan kondisi kegawatan yan sering ditemukan dalam praktek klinik jantung dan pembuluh darah. Penanganan secara cepat, tepat untuk mengurangi resiko kematian dapat diwujudkan jika terdapat tenaga kesehatan yg memiliki kemampuan dan kompetensi melakukan chain of survival saat henti jantung atau cardiac arrest terjadi melalui pelatihan ACLS.

RSD dr. Soebandi dengan visinya Menjadi Rumah Sakit pendidikan unggul dan RS rujukan nasional yang menjamin mutu dan keselamatan pasien , milik Pemerintah Kabupaten Jember berupaya untuk senantiasa mengembangkan kompetensi tenaga kesehatan tidak hanya yang berada di lingkup RSD dr. Soebandi, tetapi juga tenaga kesehatan di Fasilitas Kesehatan lainnya. Sehubungan dengan hal tersebut, RSD dr. Soebandi bekerjasama dengan RSUD Haji Surabaya menyelenggarakan Pelatihan ACLS (ADVANCED CARDIAC LIFE SUPPORT) bagi Praktisi Kesehatan yaitu perawat di Faskes , yang tersertifikasi oleh Kementerian Kesehatan RI pada tanggal 4 sampai dengan 9 Maret 2024. Kegiatan pelatihan ACLS tersebut dibuka secara daring pada hari ini, Senin 4 Maret 2024 oleh Plt. Direktur RSD. dr. Soebandi Jember,

yang diikuti oleh 25 peserta secara daring selama 4 hari dan secara luring selama 2 hari. Ketua Panitia Pelatihan sekaligus Kepala Bidang Diklit RSD dr. Soebandi Mustakim,S.Kep.,Ners.,Sp.KMB.,MM.Kes dalam laporannya menyampaikan bahwa peserta yang berjumlah 25 orang merupakan perawat dari Rumah Sakit Kabupaten Jember, Banyuwangi, Bondowoso, dan Madura.

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan untuk mendukun proses RSD dr. Soebandi Jember sebagai penyelenggara Diklat yang terakreditasi Kemenkes RI.

Pelatihan dibuka oleh dr. Lilik Lailiyah, M.Kes selaku Plt. Direktur RSD dr. Soebandi secara daring. Beliau menghimbau agar peserta menyimak dan mengikuti materi hingga akhir sesi agar mendapatkan ilmu pengetahuan , skill/ ketrampilan yang dapat diimplementasikan dalam menjalankan tugas pelayanan sehari - hari. Beliau juga menyampaikan terimakasih kepada RSUD Haji Jawa Timur yang telah bersedia berkolaborasi dan menguatkan RSD dr. Soebandi dalam menyelenggaraan pelatihan ini sehingga peserta bisa mendapatkan sertifikat yang terakreditasi oleh KEMENKES RI. Kegiatan pembukaan pelatihan ACLS secara daring juga dihadiri oleh ketiga Wakil Direktur RSD dr. Soebandi, yaitu dr. Wiwik Supartiwi, M.Kes, selaku Wakil Direktur SDM dan Diklit, dr. Anna Widyassari selaku Wakil Direktir Pelayanan dan Keperawatan dan Sri Rahayu Wilujeng, S.E, MM selaku Wakil Direktur Umum dan Keuangan. Hal ini menunjukkan semangat RSD dr. Soebandi untuk mewujudkan sebagai penyelenggara Diklat yang terakreditasi KEMENKES RI.

Narasumber yang memberikan materi adalah tim instruktur dan fasilitator dari RSUD Haji propinsi Jawa Timur yang telah mempunyai Sertifikat Pengajar /TPK dari KEMENKES RI.

Semoga pelatihan dapat berjalan lancar dan memberikan manfaat bagi tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan yg lebih baik kepada masyarakat.