• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Jumat, 18 Oktober 2024 : WIB

rsd-dr-soebandi-menyelenggarakan-pelatihan-advance-cardiac-life-support-acls-bagi-perawat-yang-bersertifikat-kemenkes-ri

23 Sep 2024

RSD dr. SOEBANDI MENYELENGGARAKAN PELATIHAN ADVANCE CARDIAC LIFE SUPPORT (ACLS) BAGI PERAWAT YANG BERSERTIFIKAT KEMENKES RI

Henti jantung merupakan kondisi kegawatan yang sering ditemukan dalam praktek klinik jantung dan pembuluh darah. Penanganan secara cepat, tepat untuk mengurangi resiko kematian dapat diwujudkan jika terdapat tenaga kesehatan yg memiliki kemampuan dan kompetensi melakukan chain of survival saat henti jantung atau cardiac arrest terjadi melalui pelatihan ACLS.

RSD dr. Soebandi merupakan satu-satunya Rumah Sakit milik Pemkab Jember yang telah dipercaya oleh KEMENKES RI menjadi penyelenggara pelatihan bagi tenaga kesehatan dan meraih akreditasi dengan nilai A berupaya untuk senantiasa mengembangkan kompetensi tenaga kesehatan tidak hanya yang berada di lingkup RSD dr. Soebandi, tetapi juga tenaga kesehatan di Fasilitas Kesehatan lainnya. Sehubungan dengan hal tersebut, RSD dr. Soebandi menyelenggarakan Pelatihan ACLS (Advanced Cardiac Life Support) bagi perawat di Faskes, yang tersertifikasi oleh Kementerian Kesehatan RI pada tanggal 23 - 28 September 2024.

Kegiatan pelatihan ACLS dibuka secara daring pada hari ini, Senin 23 September 2024 oleh dr. Lilik Lailiyah, M.Kes selaku Plt. Direktur RSD. dr. Soebandi Jember. Beliau menghimbau agar peserta menyimak dan mengikuti materi hingga akhir sesi agar mendapatkan ilmu pengetahuan, skill/ ketrampilan yang dapat diimplementasikan dalam menjalankan tugas pelayanan sehari - hari. Pelatihan kali ini adalah pelatihan ke 4 kalinya yang diselenggarakan oleh RSD dr. Soebandi, dimana sebelumya RSD dr. Soebandi selama ini didampingi oleh RSUD Haji Provinsi Jawa Timur. Namun dimulai dari pelatihan kali ini RSD dr. Soebandi telah mampu menyelenggarakan pelatihan secara mandiri dan telah mendapatkan ijin dari KEMENKES RI. Peserta akan mendapatkan sertifikat KEMENKES dengan 15 SKP.

Ns. Mustakim, Sp. KMB selaku Kabid Diklit RSD dr. Soebandi menyampaikan bahwa pelatihan kali ini diikuti oleh 25 orang perawat yang terdiri dari 22 orang perawat dari RSD Balung, 2 orang dari RS Utama Husada Ambulu, dan 1 orang peserta mandiri. Pelatihan akan dilaksanakan selama 6 hari dengan metode hybrid yaitu 4 hari daring dan 2 hari luring.

Kegiatan pembukaan pelatihan ACLS secara daring juga dihadiri oleh ketiga Wakil Direktur RSD dr. Soebandi, yaitu dr. Wiwik Supartiwi, M.Kes, selaku Wakil Direktur SDM dan Diklit.

Adapun narasumber yang memberikan materi adalah tim instruktur dan fasilitator dari RSD dr. Soebandi yang telah mempunyai Sertifikat Pengajar /TPK dari KEMENKES RI adalah sebagai berikut: dr. Wiwik Supartiwi, M.Kes; Ns. Mustakim, Sp.KMB ; dr. M. Afiful Jauhani, Sp. F., M.H; dr. Dwi Ariyanti, Sp.JP.FIHA ; Ns. Wasit Teguh Praptono, S.Kep ; Ns. Agus Setyo Wahyudi, SST; Ns. Edy Suyanto, S.Kep; Ns. Erna Nurhayati, S.Kep; Ns. Farid Lutfi Madhoni, S.Kep; Ns. Jumanto, Sp.KMB; dan Ns. Noer Choliq, S.Kep.

Semoga pelatihan dapat berjalan lancar dan memberikan manfaat bagi peserta dalam memberikan pelayanan yg lebih baik kepada masyarakat.