• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Sabtu, 21 September 2024 : WIB

rsd-dr-soebandi-menyelenggarakan-pelatihan-pelayanan-obstetri-neonatal-emergency-komprehensif-ponek

18 Jul 2022

RSD dr. SOEBANDI MENYELENGGARAKAN PELATIHAN PELAYANAN OBSTETRI NEONATAL EMERGENCY KOMPREHENSIF ( PONEK )

Pada hari Senin-Rabu tanggal 18-20 Juli 2022 di Aula Masjid Darusyifa RSD dr. Soebandi Jember menyelenggakan Pelatihan Pelayanan Obstetri Neonatal Emergency Komprehensif yang diikuti oleh tenaga dokter yang bertugas di IGD, bidan di lingkup pelayanan PONEK yang meliputi bidan di IGD PONEK, Ruang Bersalin dan Ruang Dahlia, Bidan Poli OBSGYN serta perawat yang terlibat dalam pelayanan kasus PONEK yaitu; perawat IGD, perawat Perinatologi, perawat NICU/PICU dan perawat ICU. Tujuan Pelatihan PONEK ini yaitu untuk meningkatkan kompetensi tenaga dokter, bidan dan perawat dalam menghadapi kasus obstetri dan Neonatal secara Komprehensif.

Latar belakang diselenggarakannya pelatihan ponek ini adalah tingginya presentase angka kematian ibu dan bayi di Kabupaten Jember yang meningkat tajam dari 61 kematian pada tahun 2020 menjadi 115 kematian pada tahun 2021, sehingga sangat di perlukan upaya penyediaan pelayanan maternal dan neonatal yang bermutu sehinga diharapkan meningkatnya pengetahuan, ketrampilan dan perubahan perilaku dalam pelayanan.

Pelatihan ini dilaksanakan dengan metode diskusi, peragaan,latihan /praktek klinik dan phantom, dengan narasumber yang telah terlatih sebagai TOT yaitu dr. Yonas Hadi Subroto, SpOG, dr.Taufik Gemawan, SpAN, Ns. Purgaryantyas, S. Kep, dr.Daniel Alexander S, SpOG, dr.Dhian Eka Putri, SpOG, dr. M. Ali Sadikin , Sp.A, Ns. Wiwik Sugi L, S. Kep, Bd. Eni Kisnawati, SST dan Ns. Sugito Tri Gunarto. S.Kep. M. M.Kes. Pelatihan ini sangat dibutuhkan mengingat tersedianya kesiapan sarana dan prasarana serta tenaga yang terampil dalam penanganan kegawat daruratan khususnya bagi rujukan ibu dan bayi memiliki peran yang sangat vital dalam menekan angka kematian ibu dan bayi di kabupaten Jember .

RSD dr. Soebandi sudah 4 (empat) kali menyelenggarakan pelatihan PONEK ini. Hal tersebut selaras dengan visi RSD dr. Soebandi Visi RSD dr. Soebandi Jember yaitu menjadi rumah sakit pendidikan unggul dan rujukan nasional yang menjamin mutu dan keselamatan pasien, dan Misi yang ke1 dan ke-4 RSD dr. Soebandi yaitu menyediakan sumber daya pendidikan dan pelayanan unggul, dan menghasilkan tenaga kesehatan unggul.